Mau Mendapatkan Beasiswa ke Luar Negeri? Coba Tips Jitu Berikut Ini!

26 April 2016 Artikel Pendidikan


Kuliah di universitas ternama di luar negeri menjadi dambaan sebagian besar mahasiswa Indonesia. Selain diyakini memiliki kualitas yang baik, kuliah di luar negeri juga di harapkan untuk menambah pengalaman hidup dengan mahasiswa-mahasiswa lainnya. Bagi anak yang berasal dari keluarga berada, masalah kuliah ke luar negeri mungkin sepele. Namun, berbeda dengan mereka yang berasal dari keluarga berekonomi rendah, tentunya harus berusaha lebih ekstra untuk mewujudkan mimpi kuliah di luar negeri. Salah satu jalan yang ditempuh adalah berjuang mendapatkan beasiswa. Nah, bagi Anda yang saat ini sedang memburu beasiswa, berikut tips untuk mendapatkannya:

Siapkan semua syarat administrasi

Syarat administrasi merupakan langkah pertama yang biasanya harus dilewati. Jika seleksi pertama ini lolos maka Anda akan lanjut pada tahap berikutnya. Syarat yang paling sering dibutuhkan adalah kemampuan Anda dalam berbahasa asing, transkip nilai dalam bahasa Inggris, rekomendari dari dosen, perusahaan dan sebagainya.

Cari minimal 1 tahun sebelumnya

Jika ingin kuliah di luar negeri, maka seharusnya Anda sudah mendaftar beberapa tahun sebelumnya. Minimal 1 tahun sebelumnya. Karena kebanyakan beasiswa yang ditawarkan biasanya baru dimulai kuliahnya 1 tahun ke depan.

Jalin silarurahmi dengan mahasiswa lain

Meskipun belum diterima kuliah di negara yang dituju, sebaiknya Anda menjalin silaturahmi dengan mahasiswa lain yang kuliah diluar negeri. Carilah mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di negara yang Anda impikan sehingga Anda bisa mendapatkan berbagai informasi.

Kenali negara tujuan

Sebelum mendapatkan beasiswa, Anda juga sebaiknya mengenali dahulu negara tujuan secara lengkap. Ini dimaksudkan ketika Anda diterima Anda tidak canggung. Begitu juga, mengenali negara tujuan juga akan memudahkan Anda dalam wawancara untuk mendapat beasiswa.

Rajin cari informasi

Untuk mendapatkan informasi yang akurat, sering-seringlah ke kantor kedutaan negara yang bersangkutan di Indonesia. Terkadang informasi yang didapat di internet tidak selalu benar dan meragukan. Selain itu, rajinlah melihat website universitas yang dituju serta bergabunglah dengan berbagai grup beasiswa.

Percaya dengan kemampuan sendiri

Salah satu alasan kenapa seseorang itu gagal adalah karena kurangnya percaya diri dan perasaan dirinya tidak lebih baik dari orang lain. Yakinkan Anda berhak untuk memiliki apa yang Anda harapkan atau yang di impikan, jangan takut bersaing dengan orang lain.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan beasiswa ke universitas di luar negeri.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)