Mau Liburan Hemat? Ini Dia Tipsnya

14 Desember 2014 Artikel Pendidikan


Memasuki akhir tahun, berlibur merupakan suatu kegiatan yang pasti untuk menghilangkan stress , menambah pengetahuan, serta menambah keharmonisan keluarga.

Liburan yang menyenangkan tidak melulu menghabiskan uang yang banyak. Tapi terkadang kita tanpa sadar telah mengeluarkan banyak biaya demi memuaskan dan kesenangan dalam liburan.

Berikut tips untuk menghabiskan liburan tanpa mengeluarkan banyak biaya.

Survei Tempat

Survei melalui internet atau persiapan jauh sebelumnya sangat penting dilakukan karena Anda bisa mengetahui apakah ada promo dan diskon, mulai dari akomodasi hingga transportasi. Atau cari terlebih dahulu tempat belanja oleh-oleh yang terjangkau seperti pasar tradisional.

Ambil Paket Liburan

Mengambil paket liburan yang disediakan pihak tour travel biasanya jauh lebih murah. Namun jika Anda ingin berpergian sendiri, terlebih dahulu lakukan survei tempat liburan yang dituju. Biaya transportasi, akomodasi, tempat rekreasi dan makan serta tak ketinggalan tempat belanja, menjadi poin-poin penting untuk dicatat.

Cermat Memilih Lokasi Rekreasi

Cermat dan pandai-pandailah dalam memilih tempat rekreasi. Cari obyek wisata yang memang benar-benar unik dan bagus serta merupakan ciri khas tempat tersebut. Hindari pergi ke lokasi wisata yang tidak perlu serta ramai dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Membawa Bekal

Tidak ketinggalan, selalu membawa bekal seperti roti dan minuman air putih dalam tas. Atau bisa juga menyediakan makanan tidak cepat basi untuk makan siang selama perjalanan. Selain lebih sehat, Andapun terhindar dari jajan yang tidak perlu.

Sesuaikan Budget

Seperti halnya tempat rekreasi, mencari tempat makan/restoran harus sesuai dengan budget yang disiapkan. Lebih baik jika Anda memilih tempat yang tidak jauh dari tempat menginap atau tempat terakhir Anda sedang berkunjung. Hal ini akan menghemat waktu serta biaya transportasi Anda

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)