Masih Ada Loh Beberapa PPDB Online 2014 di Sejumlah Daerah, Simak Yuk!

10 Juli 2014 Artikel Pendidikan


Saat ini PPDB sudah dilakukan diberbagai daerah-daerah di semua provinsi di Indonesia. Kemendikbud telah mencanangkan program pendaftaran sekolah di berbagai jenjang di seluruh Indonesia dengan cara sistim PPDB Online. PPDB Online sebelumnya telah berdiri pada 6 tahun yang lalu ketika masih bernama PSB (Penerimaan Siswa Baru). Sebenarnya PPDB adalah kegiatan rutin tahunan.

PPDB Online sudah dilaksanakan diberbagai daerah di Indonesia pada pertengahan Juni 2014. Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online ini berlaku untuk beberapa daerah kabupaten kota peserta PPDB Online 2014 antara lain adalah pendaftaran SMP, SMA/SMK di kota dan kabupaten yang terkait dan melaksanakan akan hal ini.

PPDB online sendiri juga disediakan oleh pemerintah sehingga data PPDB siswa yang masuk akan di proses oleh masing-masing Dinas Pendidikan dan diteruskan ke Kemendikbud. Sistem PPDB Online sudah terbukti mampu mewujudkan pelayanan PPDB yang lebih cepat, mudah, akuntabel, transparan, efektif serta efisien.

Selain mempunyai nilai tambah bagi orang tua dan siswa, PPDB online ini juga dapat mempermudah guru atau operator sekolah serta Dinas Pendidikan setempat dalam mendata siswa/siswi yang akan mendaftar serta mengajarkan kepada masyarakat luas tentang penggunaan internet dalam kehidupan sehari-hari.

Namun jika dilihat dari jangkauannya untuk tahun ini, PPDB online 2014 ini dinilai kurang terjangkau oleh seluruh kota-kota atau kabupaten di seluruh Indonesia karena tiap daerah memiliki berbagai peraturan yang berbeda-beda tentang pendaftaran sekolah untuk siswa.

Jika sebelumnya kita sudah melihat cara-cara PPDB online, berikut ada beberapa Kota-kota/Kabupaten yang secara khusus memiliki jaringan PPDB secara Online sendiri yang telah dibuat oleh masing-masing Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten setempat seperti berikut ini.

1. PPDB 2014 untuk Kota Bandung
Pendaftaran PPDB Online untuk Kota Bandung memiliki semua lingkup mulai dari SD, SMP, sampai SMA/SMK. Untuk cara pendaftarannya, Anda bisa melakukannya dengan mengikuti tata cara pendaftaran serta syaratnya di menu Petunjuk. Untuk jadwal penyelenggaraannya bisa dilihat di menu Jadwal.
Kemudian untuk melihat hasil pengumuman untuk penerimaan siswa, Anda dapat melihat secara langsung di Hasil seleksi atau Data Pendaftar.
Untuk melihat secara pasti mengenai Passing Grade atau lebih dikenal dengan NEM (Nilai Ebtanas Murni) bisa dilihat di Rekapitulasi.

2. PPDB 2014 untuk Kota Surabaya
Pendaftaran PPDB Online untuk Kota Surabaya memiliki semua lingkup mulai dari SD, SMP, sampai SMA/SMK. Untuk PPDB tahun pelajaran 2014/2015 ada beberapa perubahan khususnya untuk PPDB Kota Surabaya yakni ada beberapa jalur untuk pendaftaran seperti Jalur Umum, Jalur Sekolah Kawasan, Calon Peserta Didik tamatan sekolah di Surabaya tetapi bukan warga Kota Surabaya & Calon Peserta Didik tamatan sekolah Luar Kota tetapi warga Kota Surabaya. Untuk Jalur Umum seleksi akademis menggunakan nilai Ujian Sekolah (US) /Ujian Nasional (UN). Kemudian Jalur Sekolah Kawasan seleksi dilakukan dengan pembobotan Nilai Ujian Sekolah (US) /Ujian Nasional (UN) dengan bobot 40% dan Tes Potensi Akademis (TPA) dengan bobot 60 %. Sedangkan untuk Calon Peserta Didik tamatan sekolah di Surabaya tetapi bukan warga Kota Surabaya (untuk selanjutnya disebut Rekomendasi Dalam Kota), diberi kesempatan untuk sekolah di Surabaya dengan pagu 1% (satu prosen) dari total pagu Kota Surabaya dan total pagu masing-masing sekolah.

Dan untuk Calon Peserta Didik tamatan sekolah Luar Kota tetapi warga Kota Surabaya (untuk selanjutnya disebut Mutasi) tidak dikenakan pagu 1 % (satu prosen).
Untuk cara pendaftarannya, Anda bisa melakukannya dengan mengikuti tata cara pendaftarannya pada Keterangan Alur PPDB. Untuk informasi mengenai jadwal pelaksanaannya, bisa dilihat di menu Jadwal. Anda dapat melihat jadwal sesuai dengan Jalur pendaftaran yang ingin ditempuh. Informasi lebih terperinci bisa dilihat di link resminya di PPDB Kota Surabaya 2014

3. PPDB 2014 Kab. Sidoarjo
Pendaftaran PPDB Online untuk Kabupaten Sidoarjo memiliki lingkup jenjang SMP dan SMA/SMK. Untuk melihat mekanisme dan alur pendaftaran PPDB bisa dilihat di Mekanisme Penerimaan PPDB Kab. Sidoarjo atau bisa memilih jenjang yang ingin didaftarkan pada pilihan di link resminya di PPDB Kab. Sidoarjo. Tidak hanya itu, jadwal dan waktu penyelenggaraannya untuk PPDB Jalur Prestasi, PPDB SPP-SKS, dan PPDB Reguler & (SPP-Inklusi) bisa dilihat di menu Jadwal.

4. PPDB 2014 Kota Jambi
Pendaftaran PPDB Online untuk Kota Jambi memiliki lingkup jenjang SMP dan SMA/SMK. Untuk melihat mekanisme dan alur pendaftaran PPDB bisa dilihat di Mekanisme Pendaftaran . untuk jadwal pendaftaran bisa dilihat info lengkapnya di menu Jadwal.

5. PPDB 2014 Kota Solo
Pendaftaran PPDB Online untuk Kota Jambi memiliki lingkup jenjang SMP dan SMA/SMK. Untuk melihat mekanisme dan alur pendaftaran PPDB bisa dilihat di Mekanisme Pendaftaran . untuk mengisi pendaftaran bisa diaplikasikan di formulir yang tersedia. Untuk mengunduhnya, silahkan anda dapat mengunjungi link Form PPDB. Alur pendaftaran bisa dilihat di sini.

Oleh: Albert S
(Dikutip dari siap-PPDB.com)