Masalah Pendidikan Indonesia Masalah Kurangnya Kualitas Pendidik

16 Agustus 2017 Artikel Pendidikan


Pendidikan Indonesia kini tengah menjadi sorotan oleh publik dunia, pasalnya, Indonesia kini menjadi salah satu negara yang kurang mengutamakan pendidikan. Hal itu terbukti dengan kualitas buruk pendidik yang memberikan materi di berbagai sekolah. Masih sedikit pengajar yang mengutamakan kualitasnya dalam mendidik siswa.

Beberapa survey yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, menyebutkan bahwa kualitas pengajar di Indonesia masih hampir mencapai 56% di bawah rata-rata. Dari hasil survey tersebut, kita bisa melihat bahwa perkembangan pendidikan di Indonesia masih sangat sulit untuk bisa berkembang. Hal tersebut karena pemerintah masih kurang bisa tegas dalam memilih tenaga pengajar yang memiliki kualitas tinggi untuk memberikan materi bagi siswa, sehingga siswa kurang bisa menyerap materi dengan baik.

Mulai dari wawasan yang kurang, bahasa yang kurang fasih hingga masih berpikir kolot, yang membuat kualitas pengajar di Indonesia belum masuk ketingkat rata-rata seeprti yang diharapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Budaya Indonesia. Dengan kualitas pendidil yang buruk, sudah pasti kualitas siswanya pun bisa kita prediksikan seperti apa.

Pemerintah harus mulai menerapkan kualifikasi yang sangat tinggi untuk setiap pengajar yang masih Fresh Graduate untuk bisa memberikan materi kepada siswa di sekolah. Sehingga dengan cara ini diharapkan kualitas dari pengajar di Indonesia bisa berkembang pesat dan juga kualitas siswa Indonesia bisa seimbang dengan kualitas siswa di beberapa negara maju.

Dengan kualitas pengajar yang buruk secara tidak langsung juga menghambat perkembangan laju Indonesia dalam upaya menjadi negara maju dan bukan hanya berkembang. Sisi pendidikan akan menjadi pilar yang merubah topangan negara ini sehingga lebih kuat dan juga diharapkan mampu membawa negara ini untuk bisa sejajar dengan negara besar lainnya.

Perubahan kualitas tersebut juga mencakup perubahan mental dan sikap penngajar Indonesia yang harus siap dalam berbagai kondisi untuk bisa mencerdaskan generasi penerus bangsa ini agar pembangunan Indonesia bisa lebih maju dari sekarang.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)