Mari Tanamkan Rasa Percaya Diri!

14 Februari 2013 Artikel Pendidikan


Rasa percaya diri memang dibutuhkan ketika kita melakukan aktivitas. Mungkin kadang kita tidak menyadari apa yang dilakukan sehari-hari seperti belajar, bekerja, membersihkan rumah dan kegiatan lain juga membutuhkan rasa percaya diri. Rasa percaya diri penting untuk dimiliki setiap orang, apalagi ketika memasuki dunia pendidikan atau pekerjaan dengan persaingan yang tinggi. Jika kita tidak percaya pada kemampuan diri, bagaimana orang lain akan percaya pada kemampuan kita?

Rasa percaya diri bisa hilang tiba-tiba ketika kita melakukan hal yang tidak biasa bagi kita seperti ketika harus presentasi di depan atasan.. Hal ini akan menimbulkan rasa panik dan gugup. Untuk itu, perlu membangun dan mengembangkan rasa percaya diri alias pede pada batas proporsional. Sebab, rasa percaya diri berlebihan justu akan menjatuhkan kita di mata orang lain.

Ingin tahu cara meningkatkan Pede? Berikut tips yang dapat ada catat di benak anda jika anda kegiatan yang suatu saat anda harus tangani di depan publik:

1. Buat orang lain menghormati kita
Ketika kita ingin dihormati orang lain maka harus terlebih dahulu menghormati diri sendiri. Berbicara seenaknya dan berpakaian tidak pantas merupakan suatu bentuk tidak menghormati diri sendiri. Setelah mampu menghormati diri sendiri, buatlah orang lain menghormati kita. Bagaimana caranya? Cukup sederhana. Hormatilah rekan kerja tanpa memandang pangkat dan jabatan. Dengan sendirinya mereka akan segan dan menghormati kita. Perasaan dihormati dan dihargai orang lain ini dapat menjadi 'suntikan' untuk meningkatkan rasa pede.

2. Yakinkan diri jika anda mampu melakukannya
Memberikan sugesti positif pada diri setiap kali diberikan tugas baru oleh atasan akan meningkatkan rasa percaya diri. Tanamkan pada diri sesulit apapun tugas yang diberikan, kita akan mampu menyelesaikannya.

3. Tidak Takut pada kegagalan
Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda. Orang berhasil pun juga pernah mengalami kegagalan. Maka, ketika kita mengalami kegagalan dalam melaksanakan sebuah pekerjaan, jangan terpaku pada hal tersebut. Jangan biarkan pengalaman itu membuat kita takut untuk terus mencoba dan berusaha. Jika kita mampu mengenyahkan rasa cemas dan takut gagal, dengan sendirinya rasa pede pun akan meningkat.

4. Puji diri sendiri
Jangan tunggu pujian dari orang lain ketika kita memang berhasil mengerjakan atau mencapai sesuatu. Mulailah berikan pujian sekecil apapun dari diri sendiri. Bentuknya pun beragam seperti membeli suatu barang yang memang telah lama kita idam-idamkan. Selama dalam batas yang wajar, memberi pujian kepada diri sendiri justru memacu kita untuk lebih bersemangat dalam melaksanakan tugas-tugas pekerjaan selanjutnya.

5. Buat target sukses lebih jauh
Sering kali kita merasa terlena ketika berhasil mencapai target yang ditentukan. Namun, jika hanya merasa puas pada tahap tersebut, kita tidak akan berkembang. Teruslah menetapkan target lebih tinggi dan lebih jauh karena akan terus memacu kita untuk berusaha dan bekerja lebih keras.

Untuk menumbuhkan rasa percaya diri tidak perlu harus berhasil terlebih dahulu karena dengan kita gagal, kita diberi kesempatan untuk memperbaiki apa yang salah pada saat kita melakukan sesuatu dan ingatlah kita tidak akan pernah bangkit jika kita belum pernah mengalami kegagalan.

(Dikutip dari berbagai sumber)