Manfaatkan Hari Liburan Anak dengan Hal Kreatif!

29 Oktober 2017 Artikel Pendidikan


Tidak terasa tahun ajaran lama telah selesai yang diakhiri dengan masa - masa liburan yang mana hari - hari yang paling disenangi oleh anak-anak. Masa liburan memang diadakan bagi semua orang untuk me-refresh mental kita dari segala pikiran yang berhubungan dari urusan kerja atau belajar.

Sayang jika waktu liburan terlewatkan hanya untuk bersantai-santai, bermain game seperti game playstation atau sekedar menonton televisi saja. Mengisi waktu libur dengan sejumlah hal kreatif tentu akan sangat berguna bagi Anda dan keluarga. Setidaknya bisa menambah pengetahuan bagi anggota keluarga, khususnya anak-anak.

Tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk mengisi waktu liburan yang menyenangkan dan menenangkan pikiran keluarga. Karena memilih liburan kreatif bersama keluarga tidak selalu identik dengan berwisata ke tempat yang mahal harganya. Selama anda masih cermat dalam memilih tempat liburan yang tepat untuk menenangkan pikiran, ada banyak alternatif tempat yang masih terjangkau oleh pemasukan dan bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan kreatifitas serta pengetahuan. Karena selain mengembangkan kreativitas serta pengetahuan, liburan yang kreatif dapat mempererat hubungan keluarga.

Mengisi liburan yang kreatif dapat dilakukan bersama keluarga dengan cara berikut:
1. Berkunjung ke toko buku ataupun perpustakaan.
Memang hal terlihat biasa-biasa saja. Namun jika Anda mampu memilihkan daftar buku yang menarik minat si Anak, pastilah kunjungan Anda bersama keluarga dan anak-anak ke toko buku ataupun perpustakaan menjadi salah satu liburan yang istimewa bagi mereka.

2. Berlibur ke tempat kesenian.
Untuk menambah pengetahuan, Anda bisa mengajak keluarga dan anak-anak mengunjungi tempat-tempat yang menunjukkan cara membuat sebuah prakarya. Misalnya saja pabrik pembuat kendi. Di sana Anda akan mendapatkan pengetahuan bagaimana cara membuat kendi dan cara-cara pembuatannya. Dengan demikian anak pasti akan mendapatkan pengalaman baru yang tidak terlupakan.

3. Kembangkan keterampilan dan bakat anak
Manfaatkan waktu libur anak-anak dengan mengikutkan mereka ke sejumlah sanggar kreatifitas. Misalnya saja les tari, melukis, drama, dll.

4. Berwisata ke tempat bersejarah
Ada banyak tempat bersejarah di tanah air yang bisa Anda kunjungi di museum sejarah. Latihlah anak-anak untuk mencatat informasi penting mengenai tempat bersejarah yang mereka kunjungi. Termasuk penjelasan yang disampaikan oleh tour guide. Setelah itu Anda bisa mengajak anak-anak menceritakan ulang apa yang mereka tulis ke dalam bentuk karangan;

5. Beribur ke tempat yang menambah wawasan
Jika Anda memiliki budget yang terbatas, tak ada salahnya mencoba berkunjung ke obyek wisata bertarif murah tapi tetap memberikan banyak pengetahuan bermanfaat. Misalkan saja kebun binatang atau pantai.

6. Berkemah di alam terbuka
Salah satu alternatif dalam memilih liburan yang paling sering di rencanakan oleh kebanyakan keluarga. Pilihlah lokasi camping yang aman dan nyaman untuk keluarga dan anak-anak. Camping bisa mendekatkan anak pada alam terbuka dan belajar banyak hal dari sana. Jika budget berlebih, Anda bisa menyewa jasa provider outbound yang bisa membantu merancang sejumlah kegiatan di alam terbuka yang cocok untuk mengembangkan kreatifitas keluarga dan anak-anak.

Bila orangtua tidak memiliki waktu yang cukup untuk bersama anak menikmati liburan akibat dari kesibukan kerjanya sehari-hari, maka sebaiknya orangtua tetap mencoba meluangkan waktu untuk menjalin kedekatan dengan anak, walaupun tidak sepanjang hari libur anak. Tunjukkan pada anak bahwa orangtua tetap memperhatikan anak, dengan terus mengusahakan terciptanya suasana liburan yang menyenangkan dan bermanfaat bagi anak. Jadikanlah masa liburan anak menjadi waktu yang sangat berkesan dan meninggalkan kenangan yang indah bagi dirinya. Dengan demikian, kehangatan keluarga akan terkenang sepanjang hidup anak. Perasaan anak untuk selalu merindukan orangtuapun akan tercipta dengan sendirinya.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)