Manfaat Tersembunyi Mengajak Anak Memasak

11 April 2015 Artikel Pendidikan


Sering terganggu oleh si kecil ketika ibu sedang memasak atau menyiapkan hidangan di dapur? Atau bahkan merasa jengkel ketika anak mulai memberikan kritikan tentang masakan yang Anda buat. Itu justru kabar baik karena kegiatan memasak memang sesuatu yang menarik bagi anak. Lebih dari itu jika ibu cermat maka memasak bersama anak dapat mengenalkan mereka kepada berbagai macam sayuran, buah, bumbu masak berikut manfaatnya.

Tahukah Anda bahwa memasak bersama anak-anak, memiliki banyak manfaat bagi perkembangan mereka. Tanpa mengetahui bagaimana memasak atau menyiapkan makanan, manusia tidak akan mampu bertahan. Pernah mengajak si kecil membantu Anda memasak di dapur? Belum terlambat untuk memulainya untuk mendapatkan manfaat lainnya dari masak bareng si kecil.

Rasa bangga

Si Kecil akan merasa bangga jika mereka turut serta membantu menciptakan hidangan lezat bagi keluarga. Kebanggaan dapat meningkatkan rasa percaya diri bagi anak. Semakin percaya diri anak dalam hal keberhasilan, semakin baik prospek mereka dalam menjalani kehidupannya.

Ikatan batin

Berbagi pengalaman dengan anak memiliki dampak yang besar untuk ikatan kasih sayang keluarga. Ia senang merasa berguna, dan membantu orangtuanya di dapur memberinya sensasi itu. Ini bisa diingatnya menjadi sebuah memori yang menyenangkan seumur hidupnya.

Mengajarkan tentang sebab akibat, ketika mengolah masakan

Anak dapat belajar menghargai makanan setelah memasak sendiri. Menambah pengetahuan anak tentang bahan makanan, misalnya bahan makanan hewani dan nabati.

Anda memiliki pengganti

Saat sakit dan tidak kuat turun ke dapur, si Kecil yang sudah terbiasa dengan pelajaran memasak mungkin akan membantu Anda dengan senang hati. Minta ia membantu menyiapkan makanan yang sudah mereka kuasai tekniknya. Tapi periksa mereka sesekali untuk memastikan bahwa semuanya berjalan lancar.

Jadi, mulai sekarang jangan ragu lagi untuk mengajak anak untuk memasak.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)