Manfaat Mengisi Waktu Luang Anak dengan Bimbel

16 September 2014 Artikel Pendidikan


Beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan anak memahami pelajaran di sekolahnya, antara lain cara mengajar gurunya di sekolah yang kurang dipahami atau tidak disukai sang anak. Atau, kondisi belajar yang kurang kondusif, misalnya ruang kelas terlalu ramai dan berisik sehingga menganggu konsentrasi belajarnya. Maka, selain belajar di sekolah, anak perlu mengulang pelajarannya di luar sekolah. Sayangnya, tidak sedikit orang tua yang kesulitan mendampingi anaknya belajar di rumah karena kesibukannya, atau pelajaran sang anak belum tentu dipahami orang tuanya. Alhasil, anak bisa jadi tinggal kelas. Itulah sebabnya, guna mengatasi hal tersebut, isi waktu luang anak dengan bimbel! Karena dengan bimbel, tidak hanya akan bermanfaat secara akademis, namun bimbel juga mampu memberikan manfaat secara psikologis.

Berikut manfaat bimbel secara psikologis dan akademis:
a. Manfaat bimbel secara psikologis


1. Mengisi waktu luang anak dengan bimbel, mampu menumbuhkan kepercayaan diri anak. Anak lebih percaya diri dan bisa pula menumbuhkan minat untuk berkompetisi menjadi yang terbaik.
2. Dengan belajar bimbel, hal ini juga mampu membuat anak menjadi lebih bersosialisasi terhadap teman sebayanya, sehingga, anak tidak akan pernah merasa kesepian. Bahkan bukan tidak mungkin jikalau anak sering merasa sendirian, dan ini dibiarkan, bisa saja ia menjadi ingin mencoba hal-hal baru yang bersifat negatif.
3. Dengan belajar bimbel, ini akan mampu menciptakan keberanian dan berlomba menjadi yang terbaik.
4. Dengan bimbel, berarti anak telah mengisi waktu luangnya secara positif.
5. Mampu memotivasi anak untuk lebih berkreasi dan berpendapat, serta mengurangi terjadinya perkelahian antar pelajar di sekolah, dikarenakan anak telah tumbuh dengan pintar. Sehingga tidak akan ada waktu untuk melakukan hal-hal yang tidak penting.

b. Manfaat bimbel secara akademis

1. Dengan mengikutsertakan anak untuk bimbel, mampu menumbuhkan seorang anak untuk belajar secara rutin dan disiplin.
2. Selain mampu menumbuhkan kedisiplinan dalam belajar, bimbel juga mampu meningkatkan nilai raport anak di sekolah. Dengan bimbel, seorang anak akan dilatih untuk mengerjakan soal-soal pelajaran yang tingkat kesulitannya lebih tinggi dari didapat di sekolah.
3. Mampu membantu anak untuk lebih mudah naik kelas dan lulus ujian nasional. Karena tidak mungkin seorang anak akan tinggal kelas jika setiap harinya mereka selalu dilatih dengan berbagai latihan soal.

Jadi, tidak ada salahnya jika anak mengisi waktu luang dengan bimbel mulai sekarang.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)