Manfaat Mengerjakan PR bagi Anak

20 September 2014 Artikel Pendidikan


Pekerjaan rumah (PR) merupakan kegiatan atau tugas yang diberikan oleh guru pada siswa untuk dikerjakan dirumah. PR sepertinya tidak bisa dilepas dari kehidupan anak yang masih bersekolah. Mengerjakannya adalah sebuah kewajiban bagi mereka. Sebagian anak sangat tidak menyukai PR sekolah karena berbagai alasan. Mengerjakan PR bukan hanya bisa membuat siswa menjadi lebih pandai akan materi yang dikerjakannya, tetapi juga dapat membuat siswa mendapatkan berbagai manfaat dari mengerjakan PR-nya di rumah. Apa manfaat mengerjakan PR bagi anak sekolah?

Berikut beberapa manfaat dari mengerjakan PR:

1. Melatih Kemandirian
Saat mendapatkan tugas sekolah berupa PR, anak akan berusaha mengerjakan PR-nya sendiri. Orang tua dapat membatu jika anak mendapatkan kesulitan saat mengerjakan PR tersebut.

2. Mengulang Pelajaran Di Rumah
Dengan mengerjakan PR anak akan membuka kembali buku pelajaran untuk mengulang membaca dan mengingat kembali pelajaran yang telah diberikan oleh guru di sekolah.

3. Merangsang Inisiatif
Untuk menyelesaikan PR anak harus memiliki keinginan kuat. Anak mungkin harus mengulang membaca pelajaran sebelumnya atau mencari referensi tambahan misalnya dari kamus, ensiklopedi, atlas, dan lain sebagainya.

4. Melatih Anak Mengatur Jadwal Kegiatan
Anak telah mempunyai aktivitas rutin harian seperti belajar, menonton TV, bermain, les musik, dan lain sebagainya. Saat diberikan PR untuk dikerjakan di rumah, anak akan belajar menyesuaikan jadwal kegiatan harian yang ada supaya ia dapat menyelesaikan PR-nya.

5. Memotivasi Anak Memproritaskan Pendidikan
Mengerjakan PR mungkin bukan merupakan aktivitas yang menyenangkan dibandingkan dengan kegiatan rutin harian lainnya seperti bermain sepeda, menonton TV, latihan musik, merawat tanaman, dan lain sebagainya. Anak akan berusaha untuk mengerjakan PR karena sebagai sebuah kewajiban yang harus dilaksanakan. Hal ini dapat menumbuhkan motivasi anak untuk mengutamakan aktivitas yang berhubungan dengan kegiatan sekolah.

6. Melatih Disiplin
Membuat PR sekolah dapat melatih anak untuk berdisiplin. Pada dasarnya PR adalah kewajiban yang harus dilaksanakan oleh anak sehingga ia akan berusaha mematuhi instruksi guru untuk melakukannya dengan sebaik-baiknya.

Pekerjaan rumah juga harus disertai dengan keterlibatan orang tua. Beberapa orang mengatakan pekerjaan rumah berfungsi sebagai penghubung antara sekolah dan rumah. Orang tua harus mendukung anak-anak dalam tugas-tugas mereka. Orang tua harus men support dan memotivasi minat dalam pekerjaan rumah yang diberikan kepada anak-anak. Orang tua harus membantu kesulitan anak untuk mengerjakan PR dan memperhatikan perkembangan tentang kegiatan sekolah, sehingga akan meningkatkan kualitas pendidikan.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)