Manfaat Membaca yang Perlu Anda Ketahui

5 April 2017 Artikel Pendidikan


Sudahkah Anda membaca hari ini? Apa yang didapat dari membaca? Jika Anda membaca dengan benar, akan ada banyak hal yang dapat diperoleh. Begitu juga dengan sebaliknya, membaca yang hanya sekedar menyuarakan lambang-lambang tertulis tanpa mengetahui artinya, tidak akan memperoleh banyak manfaat.

Berikut ini manfaat membaca yang perlu Anda ketahui:
1. Mendapatkan banyak pengalaman hidup
Pengalaman adalah guru yang paling berharga, Anda dapat membaca berbagai pengalaman hidup seseorang yang ditulis dalam bentuk biografi. Dengan membaca biografi, Anda dapat belajar dari pengalaman hidup orang lain. Jika Anda dapat belajar dari pengalaman hidup, bukan hal yang mustahil Anda akan menjadi pribadi yang mampu menyikapi hidup dengan baik.

2. Memperoleh berbagai pengetahuan umum dan informasi
Pasti banyak hal-hal yang dapat Anda ketahui dengan membaca. Karena membaca menjadi jendela untuk membuka pengetahuan yang luas. Dengan membaca tulisan, Anda akan dapat menimba pengetahuan dan informasi penulisnya itu. Ilmu pengetahuan dan informasi tersebut akan memperkaya hidup Anda.

3. Mengetahui perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
Berbagai hal yang berkaitan dengan penemuan baru dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi, sering kali disampaikan melalui tulisan. Jika Anda tidak mau membaca, berarti Anda telah mengisolasi diri sendiri dari berbagai informasi tentang ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut. Sebaliknya, dengan membaca Anda akan menyadari bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi terus berkembang.

4. Memiliki cara pandang dan pola pikir yang luas
Membaca akan membuat Anda memiliki banyak pengetahuan. Pengetahuan tersebut akan menjadi bekal dalam memandang dan berpikir tentang berbagai hal. Semakin luas pengetahuan Anda, akan semakin banyak pula hal-hal yang dapat dipertimbangkan sebelum memutuskan sebuah masalah.

5. Memperkaya perbendaharaan kata
Membaca berbagai buku pengetahuan, akan membuat Anda memiliki perbendaharaan kata yang banyak. Dalam sebuah bacaan, biasanya kita temukan kosakata yang belum kita ketahui makna dan artinya. Untuk mengetahui maknanya, kita dapat melihat di kamus. Dengan demikian, kita akan mampu meningkatkan penguasaan kosakata.

Oleh karena banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dari kegiatan membaca tersebut, banyak orang tertarik untuk berusaha meningkatkan kemampuan membacanya.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)