Manfaat Dibalik Merawat Hewan Peliharaan bagi Anak

8 April 2016 Artikel Pendidikan


Orang tua banyak yang merasa ragu memelihara hewan peliharaan pada saat sudah mempunyai anak. Selain alasan penyakit, mereka juga takut hewan peliharaannya dapat melukai anak. Padahal, penelitian University of Warwick menyebutkan bahwa anak kecil berada pada lingkungan keluarga pemelihara binatang seperti; kucing, anjing dan burung justru lebih jarang sakit dibandingkan yang tidak memelihara. Banyak manfaat yang didapatkan dengan memelihara hewan peliharaan, berikut di antaranya;

Membuat anak lebih aktif
Dengan mengajak bermain hewan peliharaannya, anak akan memiliki banyak aktifitas dan bergerak lebih aktif untuk menjaga kebersihan dengan membantu membersihkan tempat tinggal hewan peliharaannya. Aktifitas seperti ini dapat menjauhkan anak dari kegiatan-kegiatan yang pasif seperti bermain game, gadget dan menonton tv.

Tumbuhkan rasa kasih sayang
Memelihara hewan peliharaan dapat menumbuhkan kedekatan emosional antara anak dengan hewan peliharaannya. Dengan merawat hewan peliharaan, anak akan mengerti pola hidup hewan tersebut dan belajar untuk menyayanginya. Tingkah lucu hewan peliharaan tersebut juga dapat menemani dan menghibur anak setiap hari. Tidak jarang banyak anak-anak memberikan panggilan khusus terhadap peliharaan kesayangannya.

Tanggung jawab
Dengan memelihara hewan peliharaan anak akan belajar bertanggung jawab lewat merawat, memberinya makan, membantu membersihkan kandangnya dan mengajaknya bermain. Ketika hewan peliharaannya jatuh sakit, ia akan ikut merasa sedih dan akan berusaha merawatnnya dengan sabar supaya hewan peliharaannya tersebut dapat sehat kembali.

Menghabiskan waktu bersama keluarga
Anak akan lebih betah berada di rumah dan menghabiskan waktu bersama hewan peliharaannya. Tentu hal ini juga membawa dampak positif bagi kedekatan anak dengan orangtua. Komunikasi antar keluarga akan berjalan lebih baik.

Mengurangi Resiko Alergi
Menurut penelitian dalam Clinical & Experimental Alergic,alergi anak dapat berkurang jika mereka hidup dengan hewan peliharaan sejak masih bayi. Penyebabnya bisa jadi karena sistem imun si anak semakin menguat akibat sering terpapar dengan kehadiran hewan peliharaan.

Tapi, tahukah Anda, memelihara hewan peliharaan adalah sebuah aktifitas yang dapat menghilangkan stres. Tetapi yang paling penting sebelum memutuskan untuk memelihara hewan peliharaan adalah jangan sampai lupa untuk memeriksa kondisi kesehatan serta kebersihan hewan tersebut.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)