Manfaat Dibalik Menjomblo bagi Kehidupan Seseorang

10 November 2016 Artikel Pendidikan


Kata jomblo memang akhir-akhir ini sering terdengar di telinga. Sebenarnya jomblo ini hanyalah sebuah istilah seseorang yang sedang berstatus sendiri, atau bisa juga diartikan dengan lajang atau single. Banyak yang mengatakan bahwa seseorang yang menyandang status jomblo itu adalah pertanda kalau mereka sedang tidak memilki pasangan dan berakhir buruk. Namun hal itu tidak menjadi patokan jika seseorang yang sedang jomblo akan bernasib buruk, bahkan ada orang-orang yang lebih senang memilih jomblo dibanding memiliki pasangan karena beberapa alasan. Apa saja itu?

Memiliki Banyak Waktu untuk Diri Sendiri

Seseorang yang sedang jomblo bisa memiliki waktu luang untuk dirinya sendiri. Saat sedang bersama pacar, kita akan susah untuk membagi waktu antara diri kita sendiri dengan sang pacar. Nah, disaat jomblo, maka waktu tersebut akan lebih leluasa kita dapatkan tanpa harus memikirkan orang lain, apalagi pacar.

Memiliki Banyak Waktu untuk Melakukan Hobi

Mungkin saja Anda mempunyai hobi yang sulit disalurkan saat berpacaran. Kalau begitu, cobalah untuk menyandang status jomblo agar hobi Anda bisa tersalurkan. Beberapa orang memang tidak bisa menyalurkan hobi yang disukainya dengan baik, sebab perhatiannya terpecah sebab adanya pacar. Tetapi dijamin dengan menjadi jomblo, Anda akan lebih mudah untuk melakukan hobi Anda apapun itu.

Kesempatan Mencari Pasangan yang Lebih Baik

Dalam beberapa kondisi dimana seseorang yang menyandang status jomblo disebabkan karena bertemu dengan pasangan yang salah, pasangan yang sulit diajak berfikir bersama, atau pasangan yang sering bertengkar. Jika Anda jomblo karena hal ini, maka Anda harus bersyukur sebab ini adalah pertanda bahwa Anda masih diberi kesempatan untuk mencari kekasih yang lebih baik daripada kekasih Anda sebelumnya.

Sebagai Bahan Introspeksi Diri

Salah satu alternatif yang tepat untuk melakukan introspeksi diri adalah dengan menjadi jomblo. Dengan melakukan introspeksi diri akan membuat kita sadar apa saja yang harus kita lakukan, dan juga apa saja hal-hal yang harus kita ubah supaya menjadi orang yang lebih baik dari sebelumnya.

Mengurangi Pengeluaran

Tentu saja, ketika kita berstatus jomblo, pengeluaran kita juga akan berkurang dibanding saat bersama pacar. Dengan jomblo pengeluaran kita pun dapat berkurang secara drastis, selain itu kita juga bisa menabung supaya nanti dapat digunakan untuk keperluan lain yang lebih penting.

Fokus Dalam Bidang Karir dan Akademik

Yang terpenting dari manfaat jomblo ini adalah dapat memfokuskan diri pada suatu bidang, seperti karir dan juga akademik. Memang pasangan ibarat pisau yang memiliki 2 sisi, terkadang dapat membantu, atau malah akan merusak karir dan pendidikan. Oleh sebab itu, bersyukurlah bagi Anda yang sedang menyandang status jomblo, sebab Anda akan bisa lebih fokus dalam berbagai hal.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)