Manfaat Bimbel untuk Anak Sekolah

20 Desember 2013 Artikel Pendidikan


Ketika mendekati ujian pasti orangtua sering kebingungan karena takut anaknya tidak terlalu bisa mengikuti pelajaran sekolah. Orangtua pasti ingin yang terbaik untuk anaknya, sehingga anak mendapatkan nilai yang baik dan mendapatkan peringkat terbaik di kelasnya.

Segala macam cara akan dilakukan termasuk dengan ikut bimbel atau bimbingan belajar. Saat ini bimbel sudah semakin banyak jenisnya, dan berikut adalah manfaat bimbel bagi anak masa sekolah.

1. Manfaat yang pertama adalah mempersiapkan mental anak untuk menghadapi ujian dan juga pesaing-pesaingnya. Saat bimbel tentunya banyak anak-anak dari sekolah yang berbeda dengan kemampuan yang berbeda-beda pula.

Oleh karena itu, manfaat bimbel bagi anak masa sekolah adalah agar anak terbiasa untuk berada dalam persaingan yang bukan di sekolahnya saja, namun juga dengan banyak anak dari sekolah lain. Hal ini tentunya akan menguntungkan anak saat ujian nanti.

2. Bimbel biasanya memberikan banyak kisi-kisi untuk ujian dan banyak dari mereka yang keluar saat ujian. Itulah kenapa manfaat bimbel bagi anak masa sekolah adalah memberikan mereka persiapan lebih dalam soal materi. Segala macam materi pastinya akan diberikan tergantung dengan tingkat kelas dan juga semester yang ditempuh oleh anak karena biasanya bimbel selalu mengikuti pelajaran di sekolah anak. Oleh karena itu pada saat ujian pun materi yang keluar sama persis dengan yang diajarkan oleh bimbel.

3. Banyak bimbel yang memberikan jasa konsultasi bagi anak didiknya. Biasanya mereka memberikan konsultasi pada murid tingkat akhir yang masih bingung untuk menentukan jenjang selanjutnya. Bimbel dapat membantu mereka memilih sesuai dengan bakat dan minat sehingga anak tidak salah masuk jurusan saat kuliah nanti. Bimbel dapat melihat potensi yang dimiliki oleh anak sehingga orangtua di rumah dapat membantu mengarahkan ke arah yang diminati oleh anak tanpa harus memaksa.

4. Wawasan bertambah luas adalah salah satu manfaat bimbel bagi anak masa sekolah. Wawasan tentang hal apapun, termasuk dengan cara belajar dari sekolah lain, karena mereka bisa bertukar informasi satu sama lain dengan anak sekolah lain untuk menambah pengetahuan tentang cara belajar yang efektif.

5. Selain bertambah bagus di bidang akademik, manfaat bimbel bagi anak masa sekolah lainnya adalah bertambahnya teman dari berbagai sekolah sehingga anak tidak terlalu kurang pergaulan. Namun orangtua harus tetap mengawasi pergaulan anak-anaknya agar tidak terjerumus dalam hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan memperbanyak pergaulan tentunya dapat menguntungkan saat dewasa nanti sehingga mereka akan memiliki banyak link yang sangat berguna.

6. Suasana belajar yang kondusif juga salah satu alasan kenapa bimbel baik untuk anak masa sekolah. Dengan suasana bimbel yang memang mengkhususkan diri untuk bimbingan belajar, maka anak mau tidak mau mengikuti pelajaran yang ada. Setelah bimbel selesai, baru mereka akan bermain dengan teman-teman sebaya mereka yang berada di tempat bimbel yang sama.

Untuk itulah bimbel sangat bermanfaat karena selain dapat menambah pengetahuan namun juga menambah teman. Dengan memahami tentang anak anda sebagai orangtua yang bernotaben ibu pasti lebih cermat dalam mengurusi hal seperti ini.

Oleh: Iman S
(Dikutip dari berbagai sumber)