Manfaat Berkemah bagi Anak

19 Desember 2014 Artikel Pendidikan


Liburan sekolah dan akhir tahun tidak lama lagi. Para anak tentu ingin melakukan kegiatan seru daripada sekedar menikmati liburannya di rumah. Beberapa sekolah terkadang telah menyiapkan program khusus untuk mengajak peserta didiknya berlibur bersama. Salah satu kegiatan yang paling sering diadakan untuk mengisi liburan adalah berkemah (camping). Tapi sayangnya, tidak banyak orang tua yang mengizinkan si anak untuk ikut berkemah. Alasannya, selain faktor keamanan, orang tua juga menyangsikan keselamatan anak saat berjauhan dari orang tuanya. Padahal, ada banyak manfaat yang bisa diperoleh saat anak mengikuti kegiatan berkemah. Antara lain sebagai berikut.

1. Melatih Kemandirian dan Disiplin

Saat kegiatan berkemah berlangsung, para anak dengan sendirinya terlatih untuk mandiri. Sebisa mungkin ia belajar menjaga barang-barang yang ia bawa, mengemas barang-barangnya kembali setelah digunakan, dan melakukan kegiatan untuk kebutuhan dirinya secara mandiri tanpa bergantung orang tuanya. Kegiatan berkemah juga mengedepankan kedisiplinan seperti tidur, bangun tidur, makan, mandi, dan menyelesaikan tugas yang diberikan pemimpin regu tepat pada waktunya.

2. Menumbuhkan Semangat Gotong Royong dan Musyawarah

Dalam kegiatan berkemah, segala sesuatu untuk kepentingan umum dilakukan secara bersama-sama. Contohnya mendirikan kemah, mengumpulkan kayu bakar untuk perapian, dan patroli bergilir di saat malam hari. Saat terjadi suatu masalah, maka semua peserta akan bermusyawarah untuk mencari cara yang tepat memecahkan masalah. Semua dilakukan dengan semangat gotong royong dan musyawarah demi kepentingan seluruh peserta kegiatan berkemah.

3. Melatih Mengendalikan Emosi dan Ego yang Berlebihan

Menjadi peserta kegiatan berkemah sangat tidak diperbolehkan melakukan hal-hal hanya berdasarkan ego sendiri. Dalam kegiatan berkemah, setiap anak dilatih untuk mengendalikan emosi dan ego yang dimilikinya. Emosi dan ego disini bisa berupa perasaan takut yang berlebihan, perasaan rindu orang tua berlebihan, perasaan ingin menguasai sesuatu secara berlebihan hingga perasaan kepemimpinan yang terlalu berlebihan. Semua hal harus dilakukan anak berdasar kewajaran dan kesabaran.

4. Menumbuhkan Keberanian

Manfaat utama berkemah adalah menumbuhkan keberanian pada diri anak. Terutama Keberanian untuk sementara waktu berjauhan dengan orang tuanya sehingga mental anak menjadi kuat dan tidak mudah cengeng. Berkemah juga melatih keberanian anak untuk menjadi seorang pemimpin regu atau setidaknya berani untuk dipimpin secara baik.

Semoga bermanfaat ...

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)