Makna Dibalik Hari Kartini bagi Perempuan

21 April 2017 Artikel Pendidikan


Hari Kartini diperingati tanggal 21 April setiap tahunnya. Banyak pesan yang disampaikan lewat perjuangan yang telah dibangun oleh Kartini muda semasa hidupnya. Bagi wanita masa kini, peran adanya peringatan hari kartini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri karena Kartini menjadi pelopor untuk sebuah kemajuan wanita terutama di Indonesia. Dengan hal ini makna hari Kartini bukan hanya menjadi sebuah upacara perayaan semata. Kartini merupakan sosok perempuan Indonesia yang berusaha untuk bisa meningkatkan derajat perempuan agar bisa lebih baik dari segi pendidikan. Dampak dari perjuangannya tersebut hingga saat ini masih terasa.

Berikut makna hari Kartini bagi seorang perempuan.
1. Mendapatkan pendidikan yang setara

Inti perjuangan Kartini bagi perempuan adalah memiliki hak yang sama dalam memperoleh pendidikan dan membebaskan kaum perempuan dari kebodohan. Dan kini hal tersebut tampak nyata dari banyaknya perempuan yang telah mengenyam pendidikan yang tinggi dan akhirnya memiliki profesi yang sangat baik di bidangnya. Kesetaraan pendidikan juga berlaku mulai dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi. Bahkan tidak jarang seorang perempuan memiliki kegigihan yang lebih tinggi dibandingkan dengan para pria. Sehingga banyak dari perempuan yang memiliki prestasi terbaik di bidang akademik. Oleh karena itu jangan meremehkan peran perempuan dalam kemajuan Indonesia.

2. Mendapatkan perlakuan yang sama dalam segi kehidupan
Dengan adanya semangat Kartini, semua kaum perempuan memiliki hak untuk melawan dari berbagai tindakan kekerasan seperti yang terjadi dalam rumah tangga. Hukum pun menjamin kebebasan perempuan tersebut sehingga bagi mereka yang berani menyakiti perempuan dapat dikenai pasal hukum yang berat. Hal ini sungguh jauh berbeda dengan zaman dulu dimana wanita lebih banyak ditindas dan diremehkan.

Kartini dikenang hingga sekarang karena telah menjadi inspirasi bagi seluruh wanita, khususnya di Indonesia sebagai wanita berpendidikan, wanita yang tidak terkungkung dalam superioritas kaum lelaki. Kartini adalah wanita yang menyerukan kepada seluruh kaum wanita terus bersinar; seperti harapannya yang terhimpun dalam buku ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)