Makna Bebas Berekspresi

28 Agustus 2014 Artikel Pendidikan


Menurut John Locke (seorang filsuf dari Inggris) kebebasan bereskpresi adalah cara untuk pencarian kebenaran. Kebebasan berekspresi ditempatkan sebagai kebebasan untuk mencari, menyebar luaskan dan menerima informasi serta kemudian memperbincangkannya baik mendukung atau mengkritiknya dan sebagai sebuah proses untuk menghapus miskonsepsi kita atas fakta dan nilai.

Sebuah keyakinan yang tinggi akan menuntun kita untuk terlepas dari berbagai kendala yang bisa menghalangi tujuan untuk mencapai kesuksesan. Hambatan dari luar bisa saja terjadi jika ada tekanan dari lingkungan atau orang lain yang membuat kita tidak menjalankan sesuatu dengan keinginan.

Kebahagian diri atau sebuah kesuksesan hanya bisa diperoleh jika seseorang dapat menjalankan kehidupannya tanpa hambatan dan tekanan. Untuk itu seseorang perlu membebaskan diri dari segala sesuatu yang sekiranya dapat merintangani tujuan dan kesuksesannya. Hanya diri sendiri yang dapat mewujudkan dan mengungkapkannya, jadi bukan orang lain.

Lantas bagaimana kebebasan berekspresi sebagai seorang pelajar? Trend terbaru, merupakan panutan dari seorang remaja yang notabene nya adalah pelajar. Tidak ada yang salah mengikuti trend selama trend itu membawa kebaikan. Sebagai pelajar apa kewajibannya? Tentu, kewajibannya adalah belajar. Lalu, pelajar menuntut untuk memperoleh kebebasan? Disinilah peran serta orang tua serta sekelilingnya ikut andil. Bebas meluapkan segala unek-unek ke dalam wadah yang tepat, misalnya kedalam ekstrakulikuler, kedalam kegiatan olahraga yang menantang, kedalam kegiatan wisata alam, dan kegiatan yang bermanfaat. Dan pada akhirnya seorang pelajar pun bisa memiliki kebebasan berekspresi yang positif.

Kebebasan berekspresi sebagai warga negara Indonesia juga dituangkan dalam pasal 28 UUD 1945 yang menyatakan kebebasan berserikat, berkumpul dan memberikan pendapat.

Tapi ingat, Anda boleh mengekspresikan kemampuan ataupun pendapat Anda dimanapun dan kapanpun, tapi tidak melanggar hak orang lain.

Semoga bermanfaat!

Oleh: Ariyanti S
(Dikutip dari berbagai sumber)