Macet? Enjoy Saja...

3 September 2014 Artikel Pendidikan


Bepergian dengan mobil pribadi mungkin menjadi salah satu pilihan transportasi bagi kebanyakan orang. Namun, kemacetan yang parah di kota-kota besar bisa membuat kegiatan menyetir menjadi sesuatu yang sangat melelahkan. Tambahan lengkingan klakson, kendaraan lain yang menyerobot jalur, dan angkutan umum yang berhenti makin mendongkrak tingkat stres Anda di jalanan.

Dari hasil studi, jika terjebak di tengah kemacetan bisa membuat stress dan jika terjadi selama bertahun-tahun dapat menyebabkan masalah kejiwaan. Ini akibat kekesalan yang terjadi setiap hari dan menumpuk terus-menerus. Masalah kejiwaan ternyata tidak hanya disebabkan oleh masalah yang besar, tetapi juga pengalaman emosional sehari-hari. Oleh karena itu diperlukan kesabaran dan mengelola stress dengan mengatur emosi.

Belum lagi masalah emosional seperti depresi dan rasa khawatir yang berlebihan. Agar semua ini tak berbuntut panjang bagi Anda, berikut tips agar Anda tetap enjoy saat berkendara di tengah kemacetan:

Sediakan Cemilan
Menyetir dalam jangka waktu lama dapat menguras energi. Perut kosong bisa membuat emosi Anda lebih gampang tersulut dan mendatangkan stres. Tentunya agak sulit untuk mencari tempat makan di saat Anda sedang berjuang dengan kemacetan, bukan? Karena itu, selalu siapkan snack di mobil Anda. Tentu saja, bukan jenis camilan berkalori tinggi seperti gorengan atau nachos. Pilihlah kacang-kacangan, terutama almond, sebagai camilan dalam perjalanan Anda. Kandungan vitamin B2, vitamin E, magnesium dan zinc dalam almond berperan besar memperbaiki mood dan menghalau stres. Camilan lain seperti kismis dapat mengembalikan energi Anda yang terbuang selama mengemudi.

Maksimalkan Perangkat Audio
Perangkat audio di mobil Anda tentunya bukan hanya pemanis di dashboard. Berbagai fitur mulai dari radio, TV hingga GPS kini sudah menjadi standar di mobil-mobil terbaru. Dengarkan lagu favorit Anda untuk menurunkan ketegangan berlebihan selama mengemudi. Menurut Elizabeth Scott, M.S., pengarang 8 Keys to Stress Management, musik dapat memberikan kebahagiaan dan menjadi obat stres yang sangat ampuh. Selain itu, kenapa tidak mencoba meningkatkan kemampuan bahasa Anda selama berkendara? Saat ini sudah banyak CD audio untuk belajar berbagai bahasa asing.

Membaca Buku
Dengan membaca buku apalagi buku favorit, buku cerita atau novel kesukaan, maka seolah-olah masuk sejenak ke dunia lain, terbebas dari hiruk pikuk kemacetan di sekitar. Jika tergolong pusing melakukan aktivitas membaca di mobil, maka mendengarkan audiobook bisa menjadi pilihan.

Menghibur Diri
Untuk menghibur diri ini bisa dilakukan dengan bermacam cara. Dengan cara mendengarkan radio dan menonton TV untuk memperoleh informasi dan berita terbaru. Mendengarkan musik dari radio, CD, atau kaset, terutama lagu-lagu favorit, dapat menurunkan ketegangan selama mengemudi dan terjebak macet. Selain mendengarkan musik, alternatif lainnya adalah bermain game, facebook-an, atau twitter-an dari gadget yang kita miliki. Hal-hal yang menyenangkan ini diharapkan bisa mengurangi emosi dan membuat perasaan lebih nyaman.

Mengobrol atau Bercerita
Ini dapat dilakukan dengan teman seperjalanan atau dengan orang lain via telepon. Kita bisa menelpon teman dekat atau keluarga. Bagi yang naik kendaraan umum, kita bisa mulai menyapa penumpang lainnya, mulai berbincang hal-hal yang ringan. Dengan mengobrol akan terjalin interaksi sosial dan waktu berlalu tanpa terasa tidak begitu lama.

Selfie
Selfie atau foto diri sendiri ini sedang menjadi trend. Cobalah untuk selfie untuk menghilangkan kejenuhan serta stress dalam perjalanan.

Semoga bermanfaat!

Oleh: Ariyanti S
(Dikutip dari berbagai sumber)