Lingkungan Sekolah Pengaruhi Mental Siswa

11 Maret 2011 Artikel Pendidikan


NEW YORK - Sebuah study baru di AS mengatakan, lingkungan kelas kotor, kumuh, dan guru kurang kreatif dapat berdampak buruk untuk para siswa.

Dari hasil studi membuktikan bahwa ruangan kelas minim atau tidak dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk kenyamanan dan keamanan siswa bisa mengakibatkan menurunnya mental dan mudah membuat siswa merasa jenuh serta bosan berada diruangan, ungkap salah seorang profesor sosiologi dari University of Maryland, Melissa A. Milkie, Kamis (10/3).

Milkie mengatakan bahwa, sekolah dan guru memerankan peranan sangat penting dalam kesehatan terutama bagi mental anak. "Saya pikir orang tua sangat peduli betul akan kesehatan anak mereka, baik itu emosional, dan prilakunya," ungkap Milkie.

Penelitian ini melibatkan orang tua, guru dari sekitar 10.700 anak kelas pertama di AS. Para peneliti menemukan bahwa, dalam hal masalah bahan pelajaran yang tidak memadai dan tidak adanya dukungan dari rekan-rekan mereka ternyata guru juga bisa mengalami ganguan kesehatan mental.

Bagi para guru dukungan dan dorongan dari rekan-rekan, bahkan dari kepala sekolah merupakan sebuah motivasi untuk menciptakan suasana kelas selalu berubah-ubah agar dapat membuat siswa tidak merasa bosan dan cepat berkembang.

Milkie juga mengatakan, memang penelitian baru dilakukan kepada siswa kelas bawah saja, tetapi tidak menutup kemungkinan hal tersebut bisa terjadi pada siswa dewasa atau yang lebih besar.

Sumber: wartanews.com