Lingkungan Membentuk Kepribadian Anak

22 Maret 2015 Artikel Pendidikan


Kebiasaan anak merupakan cerminan dari dimana ia tinggal dan bagaimana pola asuh yang diterapkan oleh para orang tua. Meskipun Anda sudah menerapkan pola asuh yang cukup baik, terkadang anak Anda masih bisa bertingkah laku tidak sesuai dengan keinginan Anda. Berkata kasar, nakal dan sulit diatur.

Masalahnya, semakin bertambah usia anak, ia tak hanya memiliki satu model-yaitu orang tuanya-untuk ditiru. Lingkungan tempat ia tinggal seperti teman-temannya, acara televisi, tetangga bahkan guru di sekolah.

Apalagi dengan maraknya program televisi dewasa ini yang kian tidak memberikan manfaat karena kontennya yang sangat tidak baik ditiru oleh anak. Adegan kekerasan, bully, dan kata-kata kasar, sangat mungkin diserap dan kemudian ditiru oleh si kecil. Jadi, sebagai orang tua, tugas Anda tak sekadar memberi contoh perilaku yang baik, tapi juga memilih lingkungan yang dapat memberi pengaruh baik untuk anak.

Bak spons, anak kecil meniru segala hal yang dilakukan modelnya. Apalagi oleh hal yang dianggap lazim dan biasa dilakukan oleh teman-teman bermainnya. Maka dari itu, selain memperhatikan lingkungan anak, Anda sebaiknya turut andil langsung dalam membentuk pribadi anak dengan melakukan pendekatan serta memberitahu mana hal yang harus diikuti dan yang tidak boleh diikuti.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)