Lingkungan Berperan Penting dalam Perkembangan Pendidikan Siswa

30 Agustus 2017 Artikel Pendidikan


Kalau kita berpikir jika sekolah dan kegiatan belajar mengajar adalah faktor terbesar dalam membangun sikap dari siswa, Anda mungkin sudah melakukan kesalahan besar. Faktor yang paling berpengaruh dalam perkembangan sikap siswa adalah lingkungan sekitar yang mendukung dari berbagai sisi dalam perkembangan sikapnya.

Baik positif maupun negatif, lingkungan akan memberikan peran yang sangat besar dari sikapnya dalam bersosialisasi di masyarakat. Namun terkadang beberapa instansi pendidikan selalu melupakan faktor terpenting ini, sehingga siswa banyak yang berkembang di tengah buruknya lingkungan. selain itu bukannya lingkungannya yang buruk, juga asupan pendidikan moral dan juga mentalnya yang kurang, maka kualitas sang murid pun benar-benar buruk di mata masyarakat.

Bila di lingkungannya penuh dengan perokok, maka siswa akan dengan mudahnya mencoba untuk merokok, bila di lingkungan di penuhi dengan kekerasan, maka sikap berandal dan juga sikap "premanisme" yang akan mereka tunjukan, salah satunya adalah tawuran yang sering terjadi dan sering kita dengar kabarnya di media-media berita, bahkan banyak korban yang meninggal akibat tawuran yang terjadi.

Sudah seharusnya instansi pendidikan baik negeri maupun swasta menerapkan lingkungan yang sehat dan juga bersih deari berbagai hal yang negatif, sehingga perkembangan sikap siswa bisa lebih cenderung ke arah yang positif. Pengajar juga harus memantau keadaan lingkungan rumah siswa, sehingga selain pendidikan di sekolah, pengajar pun akan bisa memantau keadaannya selain di sekolah.

Hal, tersebut adalah tindakan yang harus dilakukan oleh seluruh pengajar yang memiliki kualitas sempurna, untuk memantau lingkungan, kita tidak nperlu ikut campur dalam masalah pribadi keluarga siswa, namun kita bisa setidaknya mengetahui apa yang harus dilakukan oleh kita sebagai pengajr untuk membentuk moral positif dari sang siswa.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)