Artikel Pendidikan
24 Maret 2013

Lindungi Anak dari Ancaman Dampak Buruk Internet

Saat ini internet semakin marak diminati oleh berbagai belahan dunia. Dengan harga yang terjangkau, kita bisa berseluncur di dunia maya.

Diantara berbagai kalangan, yang paling dominan menggunakan internet adalah anak remaja. Cara pergaulan pada zaman dahulu dan sekarang sudah berubah 180 derajat. Dahulu, jika kita berinteraksi kepada orang atau teman dengan cara janjian dan berkumpul di suatu tempat tapi di zaman sekarang kebanyakan orang tidak perlu repot untuk berinteraksi dengan orang lain cukup dengan memanfaatkan jejaring sosial.

Sebagai orang tua, Anda mungkin merasa khawatir apabila putra-putri Anda sering menghabiskan waktu di depan komputer. Terlebih lagi dengan teknologi belakangan ini, mengakses informasi sangatlah mudah.

Ada kekhawatiran si anak akan melihat hal-hal yang tidak sewajarnya atau bahkan malah kecanduan internet. Jangan dulu khawatir, karena ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga si buah hati agar terhindar dari pengaruh buruk internet.

Bagi orang dewasa mungkin informasi tersebut tidak terlalu merisaukan, karena biasanya mereka lebih bisa memilah benar tidaknya suatu berita. Tapi bagaimana dengan anak-anak dan remaja? Bisa dibilang mereka merupakan golongan usia yang rentan terhadap pengaruh dari luar.
Agar anak tidak mudah termakan dengan informasi yang menyesatkan dari internet, latihlah mereka untuk berfikir kritis terhadap suatu informasi. Berikut beberapa tips dan trik yang bisa diajarkan kepada anak.

1. Kenalilah situs yang dibuka oleh anak
Apakah situs yang mereka buka merupakan situs perusahaan, individu atau milik kelompok masyarakat? Dengan begitu, anak bisa memilah apakah situs yang dibuka merupakan situs terbaik untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan.

2. Tanyakan informasi apa saja yang mereka peroleh di internet
Anda bisa menanyakan apa tujuan dari situs yang mereka buka, situs hiburan atau penjualan? Apakah situs tersebut mencantumkan informasi pemiliknya? Dengan begitu anak-anak anda tahu bahwa informasi yang mereka peroleh sumbernya jelas dan bisa dipertanggungjawabkan.

3. Latihlah dari usia sedini mungkin
Hal ini penting karena saat ini anak-anak TK pun sudah mulai dikenalkan dengan internet. Akan lebih baik jika sejak dini mereka mulai diajarkan untuk membedakan fakta dan opini serta mengenali informasi yang sifatnya bias, propaganda dan menjelek-jelekkan.

4. Beri peraturan untuk menjaga password
Bicaralah kepada si kecil mengenai peraturan saat mengekses internet, salah satunya mengenai keamanan saat memasukan data diri ke dalam dunia maya. Misalnya mengingatkan mereka agar tidak memberikan password kepada orang lain yang dikenal. Jika orang tersebut mengetahui kata sandi, mereka juga bisa mengetahui data personal dan menggunakannya utuk hal-hal yang tak bertanggung jawab.

5. Cek profil jejaring sosial
Periksalah akun sosial media anak. Sebagai orang tua, ada baiknya mengetahui akun pribadi putra atau putri Anda. Mungkin terdengar terlalu overprotective, namun hal tersebut baik dilakukan untuk mengawasi perilaku dan pergaulan anak.

6. Memonitor anak yang sedang berinternet
Gunakan Internet Software Monitoring. Suatu produk software murah yang dapat digunakan untuk memantau kegiatan anak-anak, dengan mengirimkan email pribadi kepada Anda. Anda dapat mengecek situs internet yang sering dikunjungi oleh anak , download, dan chatting.

Memang terdengar seperti protektif terhadap anak. Namun dengan demikian anak akan merasa aman sendiri dengan keluarganya. Untuk itu jangan membuat hal yang jauh menjadi terasa dekat dan yang dekat menjadi terasa jauh.

(Dikutip dari berbagai sumber)

Artikel Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Lowongan Iklan Baris