Liburan Sambil Mendidik Anak, Kenapa Tidak?

3 Juli 2015 Artikel Pendidikan


Semua orang tua pastinya Anda menginginkan yang terbaik untuk anak, terlebih di bidang pendidikan. Anda tentu ingin memiliki anak yang dapat menjadi panutan untuk orang banyak dan menjadi sosok orang yang dapat memberi semangat serta kebahagiaan pada lingkungan sekitarnya. Tetapi beberapa orang tua masih sulit menemukan cara yang tepat untuk mendidik anak mereka.

Para orang tua biasanya memaksa anak mereka dalam mengerjakan atau memutuskan sesuatu dengan harapan anak lebih terdidik. Padahal ini hanya akan memperburuk perkembangan mental anak Anda. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa untuk mendorong tumbuh kembang anak yang sehat pikiran dan tubuh dapat dilakukan dengan cara membuatnya terlibat dalam kegiatan di luar ruangan seperti permainan dan olahraga. Meskipun banyak orang percaya bahwa kegiatan di luar ruangan hanya akan membuang-buang waktu dan energi, tetapi beberapa ahli kesehatan menyarankan anak-anak untuk memiliki waktu yang menyenangkan untuk memfasilitasi pengembangan keseluruhan kepribadiannya. Nah, jika Anda ingin mengetahui seperti apa saja jenis kegiatan outdoor dan liburan yang dapat mendidik anak, berikut kami bagikan untuk Anda.

Berkebun

Ini adalah salah satu liburan yang sangat menyenangkan. Ketika Anda mengajar berkebun untuk anak-anak Anda, Anda memberi mereka kesempatan untuk menemukan hobi baru dan juga mengetahui berbagai jenis tanaman, manfaat tanaman dan cara menanamnya. Disamping itu, Anda juga secara langsung mengajar mereka pentingnya menjaga kelestarian alam. Berkebun bahkan jauh lebih informatif daripada buku teks.

Berburu Harta Karun

Sembunyikan beberapa barang di kebun atau halaman rumah Anda lalu berikan daftar apa saja yang harus ditemukan oleh anak-anak Anda. Daftar tidak hanya mencakup apa yang Anda disembunyikan tapi juga dapat dibuatkan beberapa petunjuk yang akan membuat mereka mencari cara dan tempat dari barang yang disembunyikan. Kegiatan ini akan melatih pola pikir anak Anda dalam mengatur dan menyusun strategi yang digunakan untuk menemukan barang yang tersembunyi. Anda dapat menulis barang yang disembunyikan dengan menggunakan dua bahasa misalnya saja bahasa Indonesia dan inggris.

Teknologi

Selama liburan, anak-anak memiliki banyak waktu untuk lebih mengeksplorasi hal-hal baru, terutama teknologi. Anda dapat mengajarkan mereka cara mengoperasikan komputer atau mengajar mereka untuk mengklik foto dan mengeditnya. Ini akan membuat mereka lebih fasih dalam menggunakan teknologi sehingga saat dewasa mereka akan lebih menguasainya. Tetapi yang harus Anda ingat, saat mengajarkan anak menggunakan teknologi sebaiknya lakukan di bawah pengawasan Anda.

Ajarkan Olahraga Baru

Mendidik tidak harus mengenai teori ataupun hal yang menyangkut mata pelajaran di sekolah. Anda dapat mendidik anak dengan hal yang baru seperti memilih beberapa jenis olah raga yang belum pernah dimainkan sebelumnya. Misalnya, jika anak Anda sudah tahu cara bermain sepakbola, Anda dapat membawanya ke lapangan tenis dan biarkan dia memahami olahraga baru tersebut. Dengan cara ini, anak-anak bisa tahu lebih banyak tentang olahraga yang berbeda bukan hanya sepakbola.

Demikian beberapa jenis kegiatan yang dapat dilakukan saat liburan dengan anak sekaligus dapat dijadikan sebagai cara untuk mendidik anak. Liburan tidak hanya menyenangkan, tetapi juga dapat memberikan banyak pelajaran untuk anak. Karena itu, siapkan waktu Anda untuk berlibur bersama keluarga.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)