Liburan Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak

14 Oktober 2017 Artikel Pendidikan


Mengajak anak pergi berlibur dapat meningkatkan kecerdasan mereka secara keseluruhan, dan juga mengembangkan keterampilan sosial mereka.

Memang sangatlah berharga waktu di sekolah bagi anak, tapi proses belajar tidak harus hanya dilakukan di sekolah. Mengajak anak pergi berlibur melihat alam secara langsung dapat membantu mengenalkan anak pada budaya yang berbeda. Kebiasaan-kebiasaan dan pengalaman mereka dapat memberikan manfaat pendidikan yang sebenarnya, serta membantu mereka mengembangkan berbagai keterampilan pribadi dan lainnya.

Banyak orangtua menginginkan yang terbaik untuk anak-anak mereka, dan mengajak anak pergi berlibur memungkinkan mereka untuk mendapatkan pengalaman budaya yang berbeda. Anak akan bertemu orang-orang baru dan mereka akan belajar dari apa yang mereka temui, lalu menerapkannya untuk tugas sekolah.

Tidak semua orang sependapat terhadap temuan ini. Ada yang mengusulkan agar liburan sekolah dikurangi saja. Sebanyak 76 persen orangtua menyatakan bahwa berlibur dengan anak membantu meningkatkan kepercayaan diri anak, dan 66 persen orangtua melihat perubahan dalam diri anak dalam mentoleransi perbedaan dalam masyarakat.

Di sekolah, guru bisa saja mengajarkan anak mengenai piramida Mesir atau kebudayaan Buddha langsung dari buku pelajaran. Namun dengan berlibur Anda dapat memberikan pendekatan praktis dalam pembelajaran anak untuk masa depan, tetapi juga memberikan kenangan tak terlupakan dalam perjalanan hidupnya.

Berkat liburan keluarga, banyak orangtua merasa kecerdasan mata pelajaran geografi, sejarah, dan bahasa anak mereka menjadi meningkat. Dan umumnya, orangtua mengatakan bahwa liburan bersama anak-anak memang menguntungkan. Sebanyak 94 persen responden mengakui terjadinya peningkatan pada semua mata pelajaran anak di sekolah.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)