Liburan Bersama Hewan Peliharaan, Kenapa Tidak?

9 Agustus 2014 Artikel Pendidikan


Membawa binatang piaraan saat berlibur mungkin akan seru, karena Anda dapat berbagi kebahagiaan bersama peliharaan Anda bukan ? Namun, ketika Anda membawa binatang tersebut, apakah tidak akan membawa masalah ? Liburan bersama hewan peliharaan menjadi sesuatu yang menyenangkan sekaligus membingungkan. Di satu sisi, kita pasti ingin menghabiskan waktu bermain main bersama teman teman. Namun di sisi lain, kita pasti tidak ingin menelantarkan hewan peliharaan kita. Akan tetapi,jika kita mengikut sertakan hewan peliharaan untuk bermain, tidak jarang hewan peliharaan tersebut malah menjadi pengganggu bagi waktu bermain kita dengan teman teman.

Sebenarnya, berlibur bersama hewan peliharaan bukan merupakan sesuatu yang sulit, terlebih baik Anda yang ingin berpergian ke luar negeri. Kita tahu bahwa terdapat regulasi yang ketat tentang membawa hewan peliharaan di pesawat. Semua itu dapat Anda lakukan asalkan Anda tahu trik triknya.

Berikut trik yang harus diperhatikan ketika membawa hewan peliharaan:

1. Kenali hewan peliharaan

Kebanyakan bandara, hewan yang diperbolehkan untuk dibawa ke pesawat adalah anjing dan kucing. Untuk hewan hewan yang tergolong aneh, seperti ular dan kadal harus dimasukkan ke dalam kandang dan diletakkan di bagasi khusus. Untuk itu, bagi Anda yang memiliki hewan tersebut, Anda harus mengetahui bandara mana yang memperbolehkan hewan hewan tersebut dimasukkan ke bandara. Selain itu, Anda juga bisa mengontak Kedutaan besar tempat Anda akan berkunjung untuk menanyakan hewan apa yang diperbolehkan untuk dibawa ke dalam pesawat.

2. Pemberian identitas pada hewan
Anda juga harus memperhatikan apabila sewaktu waktu hewan Anda hilang di tempat Anda berlibur. Untuk itulah pemberian identitas sangat penting. Di Eropa, hewan yang datang melalui perjalanan udara akan ditandai dengan alat semacam microchip. Hal itu bertujuan agar hewan dapat dengan mudah terlacak apabila hilang karena sinyal dari microchip akan terpancar di komputer.

3. Pastikan hewan bebas penyakit
Anda harus memastikan bahwa hewan yang akan Anda bawa bebas dari penyakit. Hal itu dimaksudkan agar hewan Anda tidak menimbulkan masalah bagi penumpang lain selama perjalanan. Untuk itu, sebelum memulai perjalanan berlibur, Anda harus memeriksakan hewan peliharaan Anda untuk memastikan tentang kondisi kesehatan hewan peliharaan. Juga Anda bisa meminta sertifikat yang menyatakan bahwa hewan Anda bebas dari penyakit. Eropa mewajibkan hewan yang dibawa ke perjalanan melalui udara terbebas dari penyakit rabies dan kutu.

4. Keadaan temperamen hewan
Kondisi temperamen hewan juga sangat penting untuk diperhatikan. Anda tentu saja tidak ingin malu apabila tiba tiba hewan peliharaan Anda mengamuk dan mengganggu pengunjung lainnya. Untuk itu, Anda perlu memastikan tentang kondisi temperamen hewan peliharaan Anda, ketika Anda liburan bersama hewan peliharaan. Jangan sampai liburan yang awalnya untuk refreshing berubah menjadi petaka gara gara ulah hewan peliharaan Anda.

Selalu jaga keamanan dan keselamatan hewan peliharaan ketika berpergian agar perjalanan Anda jadi lebih menyenangkan.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)