Langkah Mudah Agar Anak Kreatif dan Happy

18 September 2019 Artikel Pendidikan


Ada banyak cara yang bisa lakukan untuk membuat anak menjadi kreatif dan happy, lakukanlah berbagai hal yang sederhana dengan anak kita tercinta, tidak butuh sesuatu yang mahal, yang di perlukan adalah kreatifitas dan kemauan kita untuk membuat ruang bagi anak-anak tercinta melakukan aktifitas yang menyenangkan, sekaligus mampu membangun anak menjadi kreatif. Tugas seorang orang tua sebenarnya bukanlah hanya sebatas mengurus dan mendidik anak tersebut, melainkan bagaimana kita mampu menjadi penghibur bagi si anak.

Memiliki anak yang gembira dan senang tentunya sangat bermanfaat, lantaran anak tersebut akan tumbuh menjadi seorang anak yang mungkin lebih kreatif dan tidak tertutup. Anak yang gembira mampu menghindari dirinya dari sebuah depresi dini. Tentunya ini sangat tidak baik bagi usianya yang terlalu muda.

Jurus jitu bagi orang tua untuk bisa membuat anaknya menjadi seorang yang gembira dan serta kreatif, yaitu mencakup tiga hal. Hal positif seperti mengenal, mencintai, dan meniru cukup membantu anak tersebut.

Mengenalkan dengan berbagai hal yang positif kepada anak, membuat dirinya akan menjadi lebih mampu berimijinasi dengan baik. Sebuah pemikiran yang kreatifitas mungkin akan menggugah pertumbuhanya untuk tumbuh secara optimal.

Ketika anak tersebut telah mengenal dengan apa yang kita berikan maka akan timbul rasa mencintai. Dalam konteks ini mencintai adalah bagaimana anak tersebut sudah mulai mendalami tentang apa yang dia kenal.

Setelah anak mengenal dan mencintai maka secara otomatis dirinya akan meniru sebuah hal yang baik untuk ditiru. Konteks meniru ini mencakup sebuah latihan dan penerapan.Contohnya, jika anak tersebut kita kenalkan dengan apa yang dinamakan sebuah alat musik piano, maka anak itu akan bertanya kepada kita tentang piano tersebut.

Dengan sendirinya anak itu tertarik dan mencintai untuk mempelajari piano. Meski belum terlalu mahir namun anak tersebut akan mencoba untuk meniru bagaimana orang bisa mempraktekanya.Hingga pada akhirnya memiliki idolanya maka anak tersebut akan berlatih agar bisa bermain seperti musisi idolanya. Tentunya ini akan membuat suatu hiburan tersendiri bagi dirinya.

Melihat anak bisa menghibur dirinya sendiri dan tumbuh menjadi seorang anak yang senang serta bahagia, orang tua tidak perlu takut jika kelak anaknya tidak akan tumbuh menjadi seorang yang tertutup dan pemalu.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)