Langkah Jitu Usir Rasa "Bad Mood"

27 April 2014 Artikel Pendidikan


'BT' atau bad mood bisa datang kapan saja, dimana saja dan pada siapa saja tanpa memandang usia dan jabatan. Mereka yang sedang terserang sindrom bad mood pada umumnya akan terlihat diam, murung, tidak bersemangat bahkan dalam taraf yang berbahaya bisa kehilangan semangat hidup. Namun demikian, tidak berarti Anda tidak bisa mengendalikan atau mengusir perasaan itu. Sadarkan diri Anda untuk mengambil alih kendali good mood yang sempat dikalahkan oleh bad mood.

Sebagian orang memang mempunyai kemampuan untuk mengusir rasa bad mood dengan mudah. Namun kebanyakan dari kita cukup sulit saat harus keluar dari perasaan tidak menyenangkan tersebut. lalu bagaimanakah cara mudah hilangkan bad mood?

Berikut beberapa langkah hilangkan bad mood:
1.Fokus pada penyebab

Kalau Anda lagi suntuk banget, coba berdiam diri sejenak dan ambil nafas dalam-dalam. Pikirkan apa penyebab mood Anda jadi jelek. Setelah itu cari jalan keluar dengan pikiran yang sudah lebih tenang.

2.Olahraga
Pas mood lagi jelek-jeleknya, coba untuk berolahraga. Tinggal pilih, mau bersepeda, main basket, lari atau sekadar jalan-jalan. Kalau perlu minta salah seorang sahabat untuk menemanimu.

3.Telepon seseorang
Pilih orang yang bisa bikin Anda tersenyum. Boleh pacar, kakak, ibu atau teman yang bisa kamu ajak curhat. Dengan begitu, beban di hatimu pasti terasa lebih ringan.

4.Mendengarkan music
Ini dia salah satu cara paling ampuh untuk membuat suasana hati enak kembali. Dengarkan lagu-lagu favorit yang di yakini bisa membangkitkan semangat lagi .

5.Tertawa
Tertawa terbukti ampuh buat mengusir bad mood. Baca saja buku-buku humor atau nonton film komedi.

6.Istirahat
Waktu istirahat yang kurang merupakah salah satu penyebab mood kita jadi berantakan. Makanya selalu sediakan waktu untuk tidur cukup. Kalau situasi tidak memungkinkan, paling tidak ambil waktu untuk melakukan hobi kita, seperti menyanyi, menggambar dan lain sebagainya.

7.Menangis
Kalau Anda dalam kondisi sangat tertekan, tidak ada salahnya untuk menangis. Dengan menangis seluruh unek-unek dan perasaan mengganjal bisa keluar. Setelah itu biasanya mood akan kembali enak.

Nah, Anda bisa coba langkah diatas untuk menjadikan hidup Anda menjadi lebih baik. Selamat mencoba..

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)