Langkah Buat Si Kecil untuk Gemar Membaca

4 Oktober 2017 Artikel Pendidikan


Zaman sekarang anak-anak hingga remaja punya lebih banyak pilihan dalam menghabiskan waktu. Media sosial, internet. video game hingga serial TV. Lalu bagaimana dengan membuat mereka menghabiskan waktu membaca.

Buku adalah jendela dunia. Mengapa? Karena hanya dengan membacanya, wawasan dan pengetahuan seseorang menjadi lebih terbuka. Bahkan, cara berpikirnya pun menjadi lebih dalam dan kritis.

Begitu beragam efek positif yang bisa ditularkan lewat membaca. Sehingga, tak heran jika membaca menjadi salah satu proses pembelajaran yang paling dianjurkan para ahli untuk anak-anak.

Nah, sudahkah Anda memperkenalkan si kecil membaca? Jika belum, cobalah ajak mereka mulai dari sekarang untuk membaca buku cerita bergambar, sambil Anda dudukkan di atas pangkuan. Selain bertujuan untuk membuat si kecil semakin senang membaca, kegiatan tersebut bisa membantu mempererat kebersamaan (emotional bonding) Anda dengannya.

Seperti yang dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan minat baca si kecil.

Luangkan waktu setiap hari
Kegiatan membaca akan lebih efektif bila dilakukan 10-15 menit, setiap harinya. Bila tidak menemukan waktu yang tepat, Anda bisa memanfaatkan waktu sebelum tidur untuk membaca bersama buah hati Anda.

Gunakan fasilitas pendukung
Anak dari segala umur bisa mendapatkan manfaat dari melihat gambar-gambar di buku bergambar, karena gambar menyediakan petunjuk penting yang akan membantu anak Anda memahami dan mengantisipasi kata-kata tertentu di dalam bacaan. Misalnya, ketika anak Anda melihat gambar bulan dan tertulis kata "bulan" di sana, maka ia akan mengenali kata tersebut. Memulai dengan gambar juga membantu anak untuk lebih fokus pada makna cerita, karena ada beberapa anak yang terlalu fokus pada huruf sehingga mereka justru tidak memahami arti ceritanya. Selain itu, gambar juga dapat mengurangi perasaan frustasi anak dan meningkatkan pemahaman mereka.

Siapkan karakter yang berbeda-beda
Apa yang anak Anda sukai? Sepak bola? Boneka barbie? Putri-putri kerajaan yang cantik? Manfaatkan hobi mereka untuk mendorong anak untuk mencintai membaca, karena kemungkinan mereka untuk membaca hal yang mereka cintai tentu akan lebih besar daripada Anda memaksakan suatu bahan bacaan pada mereka. Selain itu, menggunakan buku dan bacaan yang mereka sukai akan membantu mereka untuk lebih memahami apa yang telah mereka ketahui, sehingga dengan latar belakang itu mereka akan lebih mudah memahami bacaan yang ada. Saat membacakan cerita, cobalah Anda memasukan sedikit unsur "drama", dan penuh keceriaan. Gunakan beberapa karakter yang berbeda dari sebuah cerita.

Berikan sebagai hadiah
Jika anak Anda berulang tahun, mintalah anggota keluarga atau teman-teman Anda untuk memberikan buku sebagai hadiah.

Berlangganan majalah
Daftarkan anak Anda untuk berlangganan majalah kesukaan mereka, karena tiap minggunya mereka pasti akan senang ketika kiriman majalah tiba.

Pasang poster di beberapa sudut
Coba untuk memasang poster bergambar, atau huruf-huruf di beberapa sudut ruangan. Hal ini bertujuan untuk membantu mereka mengenal berbagai macam huruf-huruf, warna, dan gambar, sejak dini.

Ajak si kecil ke toko buku
Luangkanlah waktu bersama si kecil, setiap minggunya, untuk berbelanja, atau sekadar berkunjung ke toko buku, meskipun tidak bermaksud membelinya. Hal ini berguna agar si kecil terbiasa membaca dan mengunjungi toko buku.

Semakin dini Anda menularkan kebiasaan membaca, maka semakin besar pula keinginan anak kita untuk terus membaca, hingga dewasa kelak.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)