Langkah Ampuh Cegah Mimpi Buruk

27 Maret 2018 Artikel Pendidikan


Tidur merupakan salah satu kebutuhan biologis manusia. Tidur seharusnya menjadi salah satu situasi transisi dari keterjagaan (alam sadar) menuju alam ketidak sadaran, yang nyaman, segar saat kita kembali sadar atau terbangun dari tidur. Apalagi saat kita tidur dibubuhi dengan mimpi-mimpi indah sebagai bunga tidur, tentunya saat kita terbangun akan terasa lebih segar. Tetapi bagaimana hal tersebut ternyata terjadi sebaliknya? Waktu istirahat (tidur) kita justru dihinggapi dengan mimpi buruk.

Ketika kita terbangun karena mimpi buruk tersebut, kita akan merasakan dampaknya terhadap tubuh kita, seperti jantung berdetak cepat dan bahkan mungkin sampai keringat dingin. Sebagai manusia normal dengan segudang pengalaman dan cerita, tentu kita pernah mengalami mimpi buruk. Lantas, ketika memperoleh mimpi buruk, bagaimana kita menyikapi dan mengatasi mimpi buruk tersebut?

Dr Angel Morgan, seorang pakar mimpi, mengatakan bahwa semua mimpi sebenarnya sehat. Menurutnya, mimpi bisa mengungkapkan emosi terpendam seseorang dan menunjukkan kepada Anda bahwa ada masalah yang perlu ditangani dalam kehidupan. Selain itu, mimpi juga merupakan metode refleksi diri untuk bisa mengenal diri sendiri lebih baik.

Mimpi buruk mungkin tidak bisa dihindari sama sekali, namun bisa diantisipasi dengan beberapa cara berikut ini:

1. Selesaikan masalah

Jika punya masalah, sebaiknya jangan dibawa tidur, Anda pasti pernah dengar ungkapan ini. Memang akibatnya kalau Anda membawa masalah sampai ke tempat tidur adalah mimpi buruk. Sebisa mungkin selesaikan masalah tersebut, atau paling tidak ungkapkan kepada orang yang dipercaya. Anda juga bisa menuliskan ke dalam buku harian atau sebuah surat. Tulis semua hal yang membuat Anda marah, sakit hati, dan kesal.

Dr Morgan mengatakan bahwa ini adalah sebuah latihan untuk bisa jujur pada isi hati dan kemarahan Anda. Tenang saja, Anda tidak akan benar-benar mengirimkan atau memberikan surat itu kepada orang yang membuat Anda marah. Ini adalah sebuah latihan untuk meredakan kemarahan dan menghilangkan emosi negatif yang mungkin memengaruhi mimpi Anda.

2. Berpikir positif

Cobalah untuk membuat daftar semua hal yang masih mengganjal di hati Anda. Sekalipun hal-hal tersebut membuat kesal dan emosi, namun cobalah untuk memikirkan berbagai sisi positifnya dari masalah ini.

3. Melamun

Sebelum pergi tidur cobalah untuk melamun sebentar. Dr Morgan mengatakan bahwa melamun ini adalah bagian dari tahap hypnogogic saat bermimpi. Kondisi ini merupakan sebuah simulasi mimpi yang menggambarkan suasana di mana Anda baru saja tertidur. Ini akan membantu Anda untuk berlatih menyelesaikan masalah yang ada.

4. Berdoa sebelum tidur

Sebagai umat beragama tentu ada yang kita yakini sebagai kekuatan terbesar yang dapat kita gantungkan untuk memohon pertolongan dan perlindungan dari godaan setan yang dapat mengganggu kita kapan saja. Berdoa merupakan ritual umum yang sudah biasa orang lakukan.

Jadi, Anda dapat mencoba untuk menghilangkan mimpi buruk Anda dengan cara tersebut dan dapat meraih mimpi indah Anda dan menikmati malam-malam yang dengan tertidur lelap. Semoga bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)