Lakukan Tips Ini untuk Bisa Percaya Diri Tampil di Depan Kelas

22 November 2016 Artikel Pendidikan


Didalam ruang kelas belajar biasanya terdiri atas 15 sampai 20 orang siswa. Hampir setiap hari siswa berkumpul, bergaul dan berdiskusi sesama siswa dalam satu kelas. Namun demikian, masih ada siswa yang tidak percaya diri tampil di depan kelasnya sendiri untuk berbicara. Jadi, bagi siswa yang sering mengalami kurang percaya diri untuk tampil di depan kelas, coba ikuti tips ini:

Membiasakan diri ntuk berbicara
Berbicara disini bukan sembarang berbicara melainkan berbicara dalam kegiatan belajar untuk bertanya dan menjawab pertanyaan yang guru berikan.Cara ini akan melatih diri siswa untuk bisa tampil bicara di depan kelas dengan diperhatikan oleh banyak teman.

Aktif dalam kegiatan dan organisasi siswa
Berusahalah untuk selalu ikut berpartisipasi dalam kegiatan kesiswaan di sekolah, seperti kegiatan ekstrakurikuler, kepramukaan, kegiatan OSIS dan berbagai jenis kegiatan siswa lainnya. Usahakan supaya tidak hanya sekadar untuk mengikuti kegiatan intrakurikuler saja tetapi kegiatan ekstrakurikuler juga diikuti.

Fokus selalu dalam belajar
Siswa yang malu dan kurang percaya diri disuruh tampil ke depan kelas biasanya siswa yang suka tidak fokus atau sulit memusatkan perhatian pada topik pembicaraan dan pembahasan. Oleh sebab itu usahakan selalu untuk konsentrasi dalam belajar. Memusatkanperhatian atau fokus pada pembahasan pelajaran yang sedang berlangsung. Dengan demikian, ketika ditunjuk tampil di depan kelas, siswa sudah siap dengan apa yang akan dibicarakan.

Budaya diskusi kelompok
Diskusi kelompok tidak hanya belajar di sekolah melainkan juga dilakukan di rumah ketika mengerjakan tugas PR yang diberikan oleh guru. Biasakan untuk aktif bertanya dan menjawab pertanyaan dalam diskusi kelompok. Membiasakan diri aktif dalam diskusi kelompok akan melatih diri untuk percaya diri tampil di depan kelas.

Kebiasaan untuk percaya diri tampil di depan kelas menjadi modal penting bagi siswa untuk tampil berbicara di depan umum, seperti di lapangan upacara, di acara atau pertemuan yang lebih banyak dihadiri orang.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)