Lakukan Hal Ini Saat Anak Anda Berbicara Kasar



Saat anak mulai belajar bicara, dia akan belajar banyak kata-kata dan seperti suka meniru sekitarnya, namun bagaimana bila anak belajar bahasa yang kasar atau menirukan kata-kata kasar yang dia baru saja dengar? Sebagai orangtua pastinya tidak ingin anak berkata kasar, namun jika anak berbicara kasar sebaiknya Anda sebagai orangtua harus mulai waspada jangan sampai kebiasaan ini dibiarkan terlalu lama, takutnya anak akan menganggap hal ini tidak salah dan menjadi kebiasaan yang buruk bagi anak.

Beberapa tips yang dapat Anda lakukan jika anak berbicara kasar:
1. Jauhkan anak saat sedang mengumpat dari kegiatan yang sedang dia lakukan. Bila anak sedang bermain sendiri atau dengan temannya tiba-tiba anak mengumpat, Anda bisa ajak anak keluar dari aktifitasnya secara perlahan setelah itu Anda baru bisa menanyakan kata-kata yang anak sebutkan.

2. Jangan langsung memarahi atau bentak anak yang berkata kasar, tetapi coba tanyakan apakah anak mengerti dengan kata-kata yang diucapkannya. Dan tugas Anda sebagai orangtua harus memberitahukan bahwa kata tersebut tidak pantas diucapkan.

3. Jika anak mengumpat lebih dari dua kali maka tugas Anda sebagai orangtua harus memberikan hukuman yang menandakan bahwa berkata kasar atau mengumpat tidak baik sama sekali untuk dikatakan.

Mencegah anak berkata kasar dapat Anda lakukan sejak dini. Usahakan agar anak dari kecil tidak biasa mendengar kata-kata kasar dari keluarga di sekelilingnya, selain itu jauhkan anak dari tontonan yang mengandung kekerasan dan kata-kata yang kasar.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)

Tags