Kurangi Kecanduan Sosial Media dengan Tips Ini!

3 Februari 2019 Artikel Pendidikan


Saat ini, dunia internet memenuhi kegiatan kita sehari - hari. Tiada hari tanpa internet. Tanpa disadari, internet telah menyita waktu dalam pekerjaan, hubungan sosial, dan hal penting lainnya. Kita menjadi kecanduan internet dan sosial media.

Walaupun internet dan sosial media dapat menyambungkan kita dengan orang lain tanpa bertemu langsung, jangan sampai hal tersebut membuang waktu - waktu berharga Anda. Perlu kiranya kita mengurangi ketergantungan terhadap internet dan sosial media. Berikut tips - tips ampuh untuk mengobati kecanduan akan internet dan sosial media:

Nonaktifkan akun

Sosial media sudah menjadi ‘racun’ umum bagi banyak orang. Menjauhi diri dari sosial media menjadi langkah pertama Anda untuk mengurangi ketergantungan akan internet. Caranya dengan lakukan puasa membuka sosial media, terutama yang menyediakan fitur posting status, seperti Facebook, Twitter, dan Blackberry Messager (BBM). Sebab post status itulah yang umumnya membuat orang kecanduan membuka sosial media. Beri batas waktu puasa Anda, seperti satu atau dua bulan. Bila perlu, Anda bisa menonaktifkan akun sosial media Anda. Anda mungkin kehilangan update-an terbaru dari teman Anda, namun Anda bisa mendapat dampak positif seperti bisa memanfaatkan waktu lebih maksimal dalam hal yang lebih berguna.

Geluti hobi

Ketika Anda sedang berpuasa sosial media, Anda bisa menggeluti hobi Anda. Teruslah lakukan hobi atau hal berguna lainnya hingga puasa sosial media Anda berakhir.

Jangan buka gadget saat bersama orang lain

Biasanya kita tergoda untuk membuka smartphone jika sedang bersama teman atau kerabat kita. Simpan gadget dalam tas. Anda bisa lebih menikmati waktu Anda dengan mereka dan hubungan Anda dengan mereka pun lebih akrab!

Atur waktu cek smartphone

Jika ketiga cara diatas tidak bisa Anda lakukan, Anda bisa coba mengatur waktu online. Misalnya, jika Anda biasa mengecek sosial media saat bangun tidur dan sebelum tidur, maka jangan lakukan kebisaan itu lagi. Beri batas waktu, seperti satu jam setelah bangun, Anda baru bisa cek gadget.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)