Artikel Pendidikan
31 Agustus 2009

Kuliah Umum: Pendidikan Agama Membentuk Karakter

Pendidikan agama di perguruan tinggi berperan penting membentuk generasi muda berperilaku jujur, bermoral, berintegritas, dan berakhlak mulia.
"Jalur pendidikan memiliki peran penting dalam pembentukan karakter anak bangsa di masa yang akan datang," kata Akhlami, dosen IAIN Radin Intan, saat memberikan kuliah umum di depan sekitar 3.000 mahasiswa baru Unila, di GSG Unila, Sabtu (29-8).

Salah satu keunikan negara kita, kata Akhlami, tetap menempatkan persoalan agama menjadi hal penting, sehingga saat ini kita masih memiliki Departemen Agama yang mengurus dan mengelola persoalan agama di Indonesia.

Bahkan Departemen Pendidikan, telah mengatur pendidikan agama menjadi salah satu bagian pengajaran baik di pendidikan dasar, menengah pertama, menengah atas hingga perguruan tinggi.

Menurut Akhlami, di setiap perguruan tinggi ada satuan unit pendidikan agama Islam yang memiliki tiga dasar; Islam, iman, dan ihsan. Namun, saat ini masih terfokus pada persoalan Islam dan iman dan kurang mendalami persoalan ihsan.

Sementara itu, Rektor Universitas Lampung, Sugeng P. Hariyanto, yang hadir untuk memberikan sambutan dan membuka acara bimbingan baca Quran (BBQ) tahun anggaran 2009 mengatakan tahun ini secara resmi program BBQ diintegrasikan menjadi salah satu bagian pelaksanaan pengajaran Pendidikan Agama Islam.

Ia mengatakan pelaksanaan kuliah umum agama Islam tahun ini juga diintegrasikan ke dalam Program Orientasi Pendidikan Tinggi (Propti). "Biasanya kegatan ini dilakukan satu minggu sesudah Propti, namun tahun ini sengaja kami satukan dengan kegiatan Proti di Unila," kata Sugeng.

Sugeng mengatakan Propti bertujuan mengenalkan mahasiswa baru terhadap dunia kampus baik dari segi akademik maupun ekstrakurikuler. "Namun kami juga memiliki harapan Unila tidak hanya menciptakan mahasiswa berprestasi yang dilihat dari sisi akademik dan aktivitasnya saja, namun juga memiliki akhlak yang baik," kata Sugeng. n MG14/S-1

Sumber: Lampungpost.Com

Artikel Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Lowongan Iklan Baris