Konsentrasi Terganggu Akibat Suasana Tempat? Ini Solusinya..'

31 Juli 2012 Artikel Pendidikan


Salah satu kesulitan dalam belajar adalah tempat dimana kita belajar. Jika belajar di tempat yang kurang dikehendaki oleh kita, pasti kita akan merasa risih bahkan terganggu seperti tempat yang ramai, ribut dan kumuh yang membuat kita tidak bisa berkonsentrasi.

Dengan tidak dapat berkonsetrasi dalam belajar, niat kita untuk belajar berkurang sehingga yang ada hanya rasa malas di pikiran kita. Supaya anda bisa konsentrasi dalam belajar mungkin ada harus mencari sendiri tempat yang akan anda gunakan untuk belajar. Sebenarnya tempat belajar yang baik adalah tempat yang sunyi, jauh dari keramaian dan pastinya sesuai dengan anda.

Disini, ada beberapa alternatif tempat belajar yang and adapt gunakan untuk belajar.

1. Taman
Melihat suasana yang hijau, mendengar kicauan burung dan angin berdesir membuat pikiran kita relaks sehingga meningkatkan mood kita untuk berkonsentrasi dalam belajar. Selain menenangkan juga memberi manfaat bagi mental kita agar lebih siap dalam belajar dan ujian besok.

2. Kelas sekolah
Jika ada merasa terganggu oleh teman anda, sebaiknya pergilah kekelas dan pertimbangkan untuk mengambil ruang kelas yang kosong. Meskipun tidak senyaman tempat lain , anda akan diberi ketenangan di tempat ini karena hanya anda yang berada di kelas tersebut.

3. Bimbingan belajar atau komunitas belajar
Belum menemukan tempat yang baik? Mungkin anda bisa ke tempat bimbingan belajar karena selain anda dapat berkonsentrasi dalam belajar, juga ada pembimbing dalam anda belajar sehingga kalau anda merasa kesulitan dalam suatu pelajaran, anda bisa bertanya dengan pembimbing tersebut.

4. Rumah teman sekelas
Manfaat dari kerumah teman adalah anda dan teman anda mempunyai satu pikiran dalam belajar. Selain itu anda dan teman anda bisa saling bertukar pikiran untuk memecahkan suatu masalah dalam belajar. Hal ini yang bisa membuat anda terus meningkat apalagi jika anda belajar bersama teman yang pintar di kelas.

5. Tempat kesukaan
Carilah tempat kesukaan anda dimana. Jika sudah menemukan, jadikanlah tempat itu sebagai tempat sarana untuk belajar dan hanya anda yang tahu tempat tersebut.

6. Kedai kopi
Salah satu ide terbaik belajar sambil minum kopi karena membuat anda diberi kenikmatan. Selain itu anda juga diberikan musik yang menenangkan dan akses WIFI sehingga anda tidak perlu ke warnet untuk mencari data di internet dengan netbook anda.

7. Toko buku
Bagi anda yang suka membaca, mungkin ini menjadi surga bagi orang belajar yang suka membaca karena selain tenang, toko buku mempunyai banyak jenis buku yang dapat dibaca untuk menambah pengetahuan anda.

8. Kamar tidur
Belajar di kamar merupakan pilihan yang baik untuk berkonsentrasi dalam belajar karena hanya anda yang memiliki ruangan tersebut. Apalagi jika kamar anda diberikan akses internet.

9. Perpustakaan
Tempat ini menjadi pilihan terbaik anda karena selain nyaman dan jauh dari keramaian ada peraturan yang menguntungkan bagi pengunjung perpustakaan yang ingin belajar yaitu "dilarang membuat keributan" sehingga jika ada orang yang membuat keributan, maka orang tersebut akan dikeluarkan dari ruangan perpustakaan tersebut. Selain itu terdapat banyak jenis buku yang bisa di baca untuk menambah ilmu anda.

Bagaimana tempat yang ditawarkan? Menarik bukan. Nah.. saatnya anda tentukan tempat terbaik anda yang dapat digunakan untuk belajar.

(Dikutip dari berbagai sumber)