Kisah Inspiratif Si Anak Gembala yang Kini Menjadi Menteri Pendidikan Perancis

26 Juni 2016 Artikel Pendidikan


Jika berbagai pejabat negara lahir dari latar belakang yang cukup beruntung, sosok yang satu ini sungguh menginspirasi banyak orang di dunia. Sebagai menteri pendidikan, tentu pendidikan tinggi sangatlah diperlukan dan juga untuk meraihnya dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun, yang dilakukan wanita yang satu ini adalah mengharukan. Meski dari latar belakang yang kurang beruntung, ia bisa membuat dunia takjub dengan prestasinya.

Dialah Najat Belkacem, yang kini menjabat sebagai Menteri Pendidikan Perancis. Najat adalah sosok yang membuat semua orang percaya bahwa orang yang memiliki masa lalu yang kurang beruntung bisa tumbuh dan sukses di masa depan.

Simak beberapa perjalanan Najat Belkacem yang tumbuh sebagai penggembala yang kini menginspirasi banyak orang di dunia atas pencapaian dan pengabdian kepada masyarakat.

Najat Belkacem lahir di desa Nador pada tahun 1977.


Nador merupakan sebuah desa kecil di pinggir Maroko.

Ayahnya dulunya berada di Perancis dan memiliki pekerjaan sebagai pekerja konstruksi bangunan. Lalu Ayah Najat mengajak Najat beserta keluarganya untuk pindah ke Perancis .


Setelah itu, Najat pindah ke pinggiran kota Amiens pada tahun 1982.

Najat belajar ekstra keras dan berhasil lulus dari Paris Institute of Political Studies di tahun 2002.


Setelah itu, jiwa sosial yang tumbuh serta ketertarikanya pada dunia politik seorang Najat mengantarkan ia untuk bergabung ke dalam partai sosialis dan mulai berperang melawan hak warga negara, serta bergerak melawan diskriminasi.

Hingga 2008, ia terpilih sebagai Dewan Perempuan di Rhone Alpines dan menetap di kantor.


Kemudian, ia kembali terpilih menjadi Dewan Umum Rhone department dan membawa ia menjadi lebih dikenal baik dalam politik pada tahun 2008.

Pada tahun 2012, Najat ditunjuk sebagai Menteri Hak Asasi Perempuan dan juru bicara untuk pemerintahan di bawah presiden Hollande.


Dan di tahun 2014, ia resmi terpilih sebagai Menteri Pendidikan.

Najat sendiri merupakan seorang Muslim Maroko yang memiliki latar belakang penggembala domba yang kini menjadi Menteri Perancis. Hal ini justru malah menjadikan Najat sasaran manis para rasis dan seksis (memandang gender) untuk menjatuhkan serta berkomentar buruk dan meremehkan Najat terutama dalam bidang politik.


Mereka pernah menyerang Najat dengan menyebutnya sebagai aib, memandang Najat dari bagaimana ia berpakaian namun Najat bisa menangani itu semua dengan efisien.

"How can you break the spirit of a woman who has worked hard tooth and nail to get where she is?"

"You just cannot."

Itulah kata-kata yang bisa menggambarkan betapa teguhnya seorang Najat Belkacem dalam meraih suksesnya dan pengorbanan untuk mencapai tempatnya saat ini. Ia bisa membuktikan bahwa dengan latar belakang apapun, kita masih memiliki harapan untuk mencapai kesuksesan.

Oleh: Faqih F

(Disadur dari storypick.com)