Kiat untuk Tetap Positif Setiap Hari

25 November 2019 Artikel Pendidikan


Manusia hidup di dunia tentu ingin bahagia. Namun kehidupan ini tidal selalu sesuai dengan apa yang kita kehendaki. Ada kalanya musibah atau bencana datang menerpa yang membuat kita sedih. Meskipun demikian kita harus tegar menghadapinya. Bagaimana caranya? Ya, dengan selalu berpikir positif. Seberat apapun beban kehidupan, cobalah untuk selalu melihat sisi positif dan usahakan selalu tersenyum. Berikut ini adalah beberapa tips untuk selalu berpikir positif:

  1. Tersenyum saat bangun tidur. Bangun tidur dengan wajah yang tersenyum akan membantu kita menjalani hari dengan bahagia.
  2. Ubahlah wallpaper desktop. Sekarang komputer bukan lagi barang langka dan sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Sepertinya kita tidak bisa hidup tanpa duduk di depan komputer. Jadi lebih baik untuk mengubah wallpaper yang memotivasi atau membuat kita tertawa hingga membuat hidup jauh lebih ceria.
  3. Tertawa keras-keras. Berikan ijin pada diri sendiri untuk tertawa dengan keras. Jangan seperti kehidupan seorang puteri yang sedikit menahan tawanya sambil menutup mulut dengan salah satu tangan. Mulai saat ini, lepaskanlah tawa. Tertawa adalah obat terbaik dan tentu saja jaminan penampilan tetap positif dan ceria.
  4. Carilah teman-teman positif baru. Keceriaan dan energi positif adalah sesuatu yang bersifat menular. Mengelilingi diri dengan orang-orang yang selalu berpikir positif dalam setiap situasi, akan menjaga energi positif tetap mengalir keluar. Orang-orang positif juga memiliki kebiasaan selalu tersenyum. Semakin banyak senyum, semakin ceria hidup.
  5. Berkebun. Jangan meremehkan aktivitas berkebun. Beberapa pakar justru menyarankan untuk melakukan aktivitas tersebut jika memungkinkan. Melihat tanaman yang kita tanam dan rawat, akhirnya berbunga atau berbuah adalah suatu hal sangat menyenangkan.
  6. Sediakan waktu untuk memanjakan diri sendiri. Waktu untuk memanjakan diri sendiri adalah hal yang perlu juga diprioritaskan. Layaknya handphone, semangat dan jiwa pun perlu di-recharge. Luangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang membuat gembira. Jika suka melukis, melukislah! Jika suka membaca novel, bacalah! Jika suka mendaki gunung, mendakilah! Apapun itu, luangkanlah waktu untuk memanjakan diri sendiri sehingga semangat akan timbul lagi.
  7. Berjalan-jalan. Aktivitas jalan-jalan mengandung dua komponen utama dalam peningkatan kualitas hidup kita, yaitu berolah raga dan mendekatkan diri pada alam. Berolahraga akan membuat kita gembira dan dipenuhi oleh perasaan yang positif.
  8. Berterima kasihlah selalu. Memulai dan mengakhiri hari dengan ucapan rasa syukur nikmatilah dan bersyukurlah atas segala hal-hal yang indah di sekelilingmu.
  9. Cobalah sesuatu hal yang baru. Mencoba sesuatu hal yang baru akan membuat hidup lebih menggairahkan. Tidak usah jauh-jauh, kita mulai saja dari selera. Cobalah untuk menikmati hidangan yang baru. Ada banyak hal baru yang dapat dilakukan dalam hidup, seperti hobi baru, koleksi baru, buku baru bahkan cara baru untuk pulang menuju rumah. Cobalah untuk melakukan sesuatu yang baru setiap minggu.
  10. Gunakan 1 jam sehari untuk membangun diri. Ini adalah yang terpenting dari semuanya. Komit meluangkan waktu minimal 1 jam untuk pengembangan diri Anda adalah sesuatu hal yang sangat penting bagi kualitas hidup, layaknya udara bagi paru-paru. Jika tidak berkembang, maka tidak akan melangkah menuju potensi yang luar biasa. Jika tidak menemukan potensi yang luar biasa tersebut, maka bagaimana dapat meraih apa yang diinginkan dalam hidup? Sukses bukanlah suatu keberuntungan, namun dicapai melalui suatu komitmen dan dedikasi yang tinggi pada diri sendiri. Mulai hari ini, luangkan waktu Anda minimal 1 jam untuk mengembangkan diri Anda. Melihat, mendengarkan dan membaca buku-buku, cerita, blog, CD dan DVD motivasi. Isilah pikiran dengan hal-hal yang positif dan lihatlah kedepan perubahan pada diri Anda.


Nah, itu adalah tips agar hidup jadi lebih bahagia dan tentunya positif.

Selamat mencoba!

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)