Artikel Pendidikan
15 Oktober 2009

Kiat: Memilih Sekolah di Singapura

Tidak bisa disangkal, kini Singapura sudah menempatkan diri sebagai terminal besar pendidikan di Asia. Berbagai macam pendidikan ditawarkan kepada para siswa/mahasiswa dari seluruh dunia. Selain pendidikan berkualitas, Pemerintah Singapura juga memberikan perlindungan dan jaminan kenyamanan kepada siapa pun yang belajar di Negeri Singa itu.

Namun, untuk memilih studi yang diinginkan di antara banyak pilihan, tentu tidak mudah. Untuk itu, lebih dahulu kita perlu memahami bagaimana sistem pendidikan di sana. Hingga kini, Singapura memiliki tiga jenis lembaga pendidikan, yaitu negeri, swasta, dan internasional.

Pendidikan negeri

Hingga kini, Kementerian Pendidikan Singapura, sebagai pengelola dan pengawas, memberikan jaminan kualitas dan fasilitas yang diberikan oleh lembaga pendidikan negeri. Selain itu, biaya pendidikannya juga relatif murah, bahkan sering menawarkan beasiswa kepada para siswa/mahasiswa asing. Berbagai jenis dan tingkat pendidikan negeri (bersubsidi) itu antara lain primary school yang memberikan primary school leaving certificate (PSLC); secondary school yang memberikan GCE N dan O Level; junior college yang memberikan GCEA Level; polytechnic yang memberikan diploma; dan universitas yang memberikan gelar. Selain itu, ada juga pendidikan khusus seperti sekolah sport, seni, perhotelan, pariwisata, dan berbagai program pendidikan kejuruan yang diselenggarakan oleh Institute of Technical Education (ITE).

Pendidikan swasta

Selain lembaga pendidikan negeri, kini di Singapura juga terdapat sekitar 300 lembaga pendidikan swasta (private education organization/PEO). Ke-300 PEO ini menyelenggarakan sejumlah program pendidikan mulai dari persiapan memasuki lembaga pendidikan negeri, program-program sertifikat, diploma, hingga gelar. Gelar yang diberikan PEO umumnya dikeluarkan oleh universitas asing yang menjalin kerja sama dengan sekolah swasta. PEO dikenal bagus dalam studi bisnis, teknologi informasi, komputer, kuliner, pariwisata, perhotelan, seni dan desain, serta komunikasi.

Untuk melindungi siswa/mahasiswa asing, Kementerian Pendidikan Singapura memberlakukan peraturan amat ketat terhadap PEO. Ada tiga hal yang harus dijaga PEO, yaitu piawai dalam bidang akademik; mampu mengelola dan organisasi yang andal, mampu memberikan jaminan proteksi terhadap kesejahteraan para siswa/mahasiswa. Untuk itu, ada dua standar kualitas yang diberlakukan terhadap PEO, yaitu apa yang disebut Singapore Quality Class (SQC) dan Case Trust for Education. PEO yang telah memiliki SQC umumnya mempunyai Case Trust. Namun, tidak semua perguruan swasta yang memiliki Case Trust mempunyai SQC.

SQC sendiri menekankan aspek organisasi dan keunggulan bisnis, sedangkan Case Trust for Educaton lebih menekankan perlindungan terhadap siswa/mahasiswa asing dalam hal syarat pembayaran dan pembatalan serta layanan kesejahteraan.

Maka, dalam memilih PEO perlu memerhatikan program pendidikan yang ditawarkan, apakah sesuai dengan yang diinginkan (termasuk lama pendidikan, jumlah jam belajar per minggu, juga universitas afiliasi). Begitu pula kualifikasi yang akan diperoleh, apakah sudah diakreditasi dan mendapat pengakuan. Fasilitas yang disediakan apakah sesuai harapan ekspektasi (kondisi kelas, fasilitas penunjang seperti komputer, laboratorium, perpustakaan, dan lainnya). Biaya yang diperlukan, apakah termasuk biaya sekolah, biaya hidup, dan biaya lainnya. Disarankan agar memilih PEO yang telah mempunyai Case Trust for Education sekaligus SQC.

Pendidikan internasional

Lembaga pendidikan internasional adalah lembaga pendidikan swasta yang terdaftar pada Kementerian Pendidikan Singapura, tetapi menggunakan kurikulum serta tata cara pengajaran dari negara asal. Di Singapura ada banyak universitas asing dan terkemuka yang membuka cabang (bekerja sama dengan perguruan tinggi setempat), seperti INSEAD dan MIT.

Pada tingkat pendidikan dasar dan menengah pun ada sejumlah sekolah internasional, seperti Canadian International School, Singapore American School, United World College of Southeast Asia, dan ACS International School.

Mencari informasi

Amat disarankan agar calon siswa/mahasiswa mencari informasi sebanyak mungkin agar bisa membuat keputusan yang tepat sesuai dengan minat, harapan, dan cita-cita.

Ada beberapa sumber yang kompeten dan bisa dipercaya dalam memberikan informasi-informasi yang diperlukan, seperti Singapore Tourism Board (STB), lembaga Pemerintah Singapura yang mempunyai kantor perwakilan di Jakarta; agen pendidikan yang sudah mendapat sertifikasi sebagai Singapore Education Specialist; serta mengunjungi website resmi STB dan IKPII. Tak kalah penting, mengunjungi pameran. Pada Sabtu-Minggu (17-18 Oktober 2009) digelar pameran di MidPlaza-Jakarta yang akan dihadiri 23 lembaga pendidikan Singapura.

Anita L Sutandya (Konsultan Pendidikan)

Sumber: Kompas Cetak (kompas.com)

Artikel Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Karir Iklan Baris