Ketrampilan yang Terasah Saat Menjadi Seorang Guru

20 Juni 2016 Artikel Pendidikan   |    Kak Zepe


Banyak ketrampilan yang bisa diasah oleh seorang guru. Hal ini dikarenakan oleh aneka variasi aktivitas yang biasa dilakukan oleh seorang guru. Variasi aktivitas ini memungkinkan profesi guru menjadi ajang atau sarana berlatih bagi seseorang agar memiliki ketrampilan yang dimiliki oleh profesi yang lain. Ketrampilan-ketrampilan tersebut adalah ketrampilan yang dimiliki oleh seorang... .

1. Motivator

Seorang motivator biasanya adalah sosok yang penuh semangat. Ia adalah pembicara yang harus memiliki suara yang lantang. Sebagai guru, apalagi guru TK, mau tidak mau, setiap hari saya dituntut untuk bisa tampil semangat di depan anak-anak didik saya. Ketrampilan untuk menjadi seorang motivator bisa terasah setiap hari. Walaupun keadaan fisik dan mental sedang tidak baik pun, kita akan dipaksa untuk tampil dengan penuh semangat.

2. Penulis

Setiap minggu, saya harus membuat rencana pembelajaran dan laporan mingguan untuk orang tua. Secara tidak langsung saya perlu menggunakan imajinasi saya untuk merencanakan suatu pembelajaran yang menyenangkan bagi anak-anak didik saya. Selain itu, jemari saya pun semakin piawai dalam mengetik atau membuat tulisan dengan media komputer.

3. Presenter

Sebelum pembelajaran dimulai, saya sering memberikan permainan atau game kepada anak-anak didik saya. Pada saat itulah, saya sering berpura-pura (sembari berlatih) untuk menjadi seorang presenter quiz. Dengan raut wajah ceria dan penuh semangat, saya menjelaskan kepada anak-anak didik saya tentang aturan suatu quiz atau permainan, dan menjadi dewan juri di dalam suatu permainan edukatif yang saya pimpin.

4. Psikolog anak

Sebagai pendidik, setiap hari saya bertemu dengan anak-anak didik. Hal ini sangat membantu saya dalam mengenal kejiwaan anak-anak yang unik. Ilmu pengetahuan secara teori memang sangat penting dalam memahami kejiwaan anak. Namun mengenal anak-anak secara langsung adalah saat terbaik untuk mengenal kedalaman hati mereka. Saya pun menjadi semakin tahu bermacam-macam permasalahan anak dan bagaimana cara mengatasinya. Saya juga sering dimintai nasihat oleh orang tua tentang bagaiman cara mengatasi segala permasalahan anak mereka.

5. Trainer

Kegiatan outdoor, pramuka, dan berbagai macam kegiatan ekstrakulikuler melatih guru untuk menjadi seorang trainer. Mereka harus bisa menguasai berbagai macam kegiatan permainan, bermacam olahraga, dan aktivitas lainnya agar bisa melatih anak-anak didik dalam menguasai ketrampilan tertentu.

6. Pemimpin

Sebagai guru kelas, kita akan ditantang untuk menertibkan kelas kita setiap harinya. Anak-anak didik dengan keunikan mereka membutuhkan sosok pemimpin dan pengayom yang baik agar setiap aktivitas yang dilakukan di sekolah bisa berjalan dengan baik. Selain itu, kita juga terlatih untuk memiliki kepribadian yang baik, baik dari segi cara bicara, berpenampilan, dan bertingkah lagu, agar bisa menjadi teladan yang baik.

7. Seniman

Sebagai pendidik, kita harus berjuang agar anak-anak didik kita tidak merasa bosan dengan pengajaran yang kita berikan. Berbagai aktivitas di bidang seni bisa menjadi suatu variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi anak-anak didik, misalnya dengan aktivitas menyanyi, menggambar, menari, atau kerajinan tangan. Dekorasi kelas yang menarik juga bisa menjadi penyemangat siswa agar kerasan dan semangat di kelas. Maka kita pun dituntut untuk berlatih cara membuat kerajinan tangan yang menarik dan bisa ditampilkan di kelas.

8. Pencipta lagu

Sebenarnya ini adalah motivasi utama saya menjadi seorang guru. Saya dulu bercita-cita menjadi seorang pencipta lagu anak-anak berbahasa Inggris. Karena saya adalah seorang sarjana sastra, maka saya ingin memanfaatkan ilmu saya di bidang Sastra Inggris untuk membuat karya cipta lagu berbahasa Inggris. Dengan menjadi guru saya semakin memahami dunia anak, kejiwaan mereka, kebutuhan mereka, serta materi-materi pembelajaran yang bisa menjadi inspirasi saya dalam menciptakan lagu anak-anak.

Banyak orang-orang hebat terlahir berawal dari meniti karir sebagai seorang guru, misalnya Dan Brown (penulis), Ibu Kasur (guru TK), Dodit Mulyanto (komedian), dan masih banyak lagi. Hal ini dikarenakan mereka mampu mengembangkan talenta mereka saat mereka berprofesi sebagai guru, sehingga tumbuh menjadi manusia yang semakin berkualitas. Bila saat ini Anda adalah seorang guru, syukurilah, karena anda memiliki banyak kesempatan untuk menjadi orang hebat.

(Penulis adalah Praktisi Pendidikan dan Pencipta Lagu Anak dalam aplikasi gratis" Lagu Anak Kak Zepe Vol 1 dan 2)