Ketika Si Kecil Takut di Malam Hari

17 November 2014 Artikel Pendidikan


Ketika masih bayi, tidak peduli gelap atau terang, siang atau malam, asalkan ada orang tua yang menemani, si kecil akan tetap tenang dan tidak takut akan gelap.

Dengan berjalannya waktu, ketika si kecil beranjak usia 4-5 tahun, malam hari mulai menjadi hal yang menakutkan bagi mereka, serta ruangan gelap menjadi ketakutan tersendiri bagi si kecil. Bahkan seorang peneliti tidur dari Tel Aviv University, Israel yaitu Jonathan Kushnir Ph.D memaparkan bahwa pada usia tersebut imajinasi dan kognitif anak sudah mulai berkembang.

Sebenarnya takut akan kegelapan umumnya dapat diatasi, tapi jauh lebih baik untuk menghilangkan rasa cemas akan ketakutan tersebut. Berikut cara mengatasi anak yang takut gelap di malam hari.

Temani Si Kecil

Ketika anak Anda merasa takut, temani ia tapi seperlunya saja. Jangan sampai ia terlalu nyaman. Pilihan untuk tidur di sampingnya hingga terlelap adalah hal yang kurang tepat. Duduklah di dekat ranjang dan tenangkan ia. Kemudian tanyakan apakah sudah siap untuk tidur kembali dan meninggalkannya dengan pintu terbuka.

Jangan Menyalakan Lampu

Hal ini mengajarkan kepada anak Anda bahwa tanpa lampu, tidak akan terjadi hal yang menyeramkan, atau gunakan lampu yang sinarnya agak redup / lampu tidur.

Jangan Tawarkan Si Kecil Camilan

Camilan terkadang bisa menjadi obat penenang dan sebagai pengalih perhatian terhadap ketakutannya tapi disatu sisi juga dapat membuat tetap terjaga. Hal ini tidak baik juga karena makan di jam tidurnya. Suguhkan ia air putih atau susu hangat sebagai penenang.

Jangan Membawa Si Kecil ke Tempat Tidur Anda

Mengapa seperti itu? Dengan tidak mengajaknya tidur bersama Anda, tidak akan tercipta kebiasaan yang setiap merasa takut, maka akan tidur di kamar Anda. Dan satu hal lagi, jika mengajak anak Anda ke kamar Anda, ini akan menandakan bahwa kamar si kecil adalah tempat yang menakutkan.

Hias Kamar Anak Anda Semenarik Mungkin

Terbukti bahwa anak yang tidur dengan benda-benda yang menarik baginya, misalnya poster atau boneka-boneka yang lucu, dapat mengurangi rasa takutnya pada waktu tidur sehingga si anak nyenyak tidurnya.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)