Ketika Semangat Anda Pudar, Lakukan Ini...

15 Maret 2013 Artikel Pendidikan


Sering kali dalam kehidupan sehari-hari ini kita sering disibukan dengan berbagai aktivitas dan kegiatan rutin sehari-hari. Terkadang dalam menjalankannya pada awalnya bisa diikuti seperti air mengalir namun ketika waktu terus berputar, kita pun mengalami kepenatan dan rasa bosan di pikiran sehingga membuat tubuh menjadi tidak bersemangat.

Ditambah lagi, berbagai pekerjaan yang belum terselesaikan dan dengan deadline yang semakin dekat mengharuskan untuk kerja lembur, hal itu membuat kita mencapai puncak yang melelahkan. Akibatnya lama kelamaan, kita menjadi lesu dan kurang bersemangat dalam menjalani berbagai rutinitas . Jika terjadi demikian, tentunya berbagai pekerjaan akan berantakan bahkan sering kali terabaikan karena semangat yang telah mengendur.

Apa yang akan dilakukan untuk mengembalikan semangat yang telah ? Berlibur ataukah tidur sepanjang hari ? Sepertinya itu bukan pilihan yang tepat untuk mengembalikan semangat. Beberapa alternatif berikut dapat mengembalikan motivasi dan membantu Anda kembali berenergi dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

1. Mengubah pola pikir

Cobalah lakukan beberapa gerakan seperti downhard, headstand, handstand, dan beberapa gerakan lainnya. Para ahli meyakinkan gerakan dengan posisi kepala dan kaki terbalik dapat membantu mengubah pola pikir. Jika hal tersebut cukup sulit untuk dilakukan, setidaknya lakukan dengan kepala menggantung di samping ranjang dan tubuh di atas tempat tidur selama 5 menit. Hal tersebut juga dapat meningkatkan aliran darah ke otak sehingga memudahkan kita untuk berpikir jernih.

2. Aturlah jadwal

Bagi yang memiliki kesibukan penuh sepanjang hari, jadwal yang terlalu padat menyebabkan segala aktivitas menjadi berantakan. Sempatkanlah waktu di pagi hari untuk mengatur kembali jadwal, coretlah beberapa jadwal yang menurut Anda tidak penting. Dengan demikian, Anda tidak jadi terpontang-panting menjalankan setiap aktivitas sepanjang hari

3. Membaca buku favorit

Bagi yang sering mengalami kesulitan tidur pada malam hari, cobalah lakukan kegiatan yang dapat membuat Anda lebih cepat mengantuk sehingga dapat tidur lebih awal dari sebelumnya. Umumnya, menonton televisi menjelang tidur dapat membuat kita lebih cepat mengantuk dan tidur. Namun, ada kegiatan yang lebih efektif lagi dan membuat Anda lebih cepat mengantuk daripada menonton televisi, yaitu membaca. Dengan membaca, otak harus bekerja lebih keras dan membuat kita lebih cepat merasa lelah. Pada saat itulah kita dapat mengistirahatkan tubuh dan otak sehingga pada saat bangun pun akan merasa lebih bersemangat.

4. Mengurangi minuman yang mengandung kafein

Memang tidak dapat dibantah lagi bahwa kunci untuk mendapatkan energi lebih adalah dengan tidur yang cukup. Dengan mengurangi asupan kafein sehari-hari dapat membuat tidur Anda menjadi lebih nyenyak dan memang terbukti dapat menurunkan kecemasan serta jantung berdebar.

5. Jangan lewatkan sarapan pagi

Beberapa dari Anda terkadang ada yang tidak terbiasa dengan sarapan, bahkan ada pula yang tidak sempat untuk sarapan karena saking sibuknya. Padahal, sarapan pagi membuat kita lebih bertenaga dan aktivitas pun dapat berjalan dengan lancar. Selain itu, usahakan sarapan dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat dan protein seperti roti, nasi, sayuran, daging, atau ikan supaya Anda lebih berenergi.

6. Menikmati musik sambil menari

Agar diri bersemangat, putarlah lagu kesukaan Anda dan gerakkan tubuh sesuka hati. Biasanya lagu-lagu instrumen karya Mozart, Bach, dan lain sebagainya dapat mengubah mood menjadi lebih baik. Hal tersebut membuat jantung memompa darah lebih cepat sehingga Anda lebih bersemangat dan juga dapat menurunkan stres.

7. Kumpul bersama sahabat atau pacar

Bertemu dengan sahabat atau teman lama dan mengobrol berbagai hal yang menyenangkan dapat membantu Anda lebih bergairah. Jika perlu, telepon kekasih Anda dan ajaklah ia makan siang atau makan malam di suatu tempat.

8. Sering berolahraga

Lari pagi, push up, sit up, squad jump, atau senam dapat membuat jantung memompa darah lebih cepat. Usahakan untuk berolahraga pagi minimal 20 menit agar Anda dapat lebih bersemangat kembali. Selain menambah semangat, dengan melakukan olahraga Anda telah memenuhi langkah-langkah hidup sehat.

9. Katakan kata yang membuat anda termotivasi untuk bersemangat

Ketika masih merasa lemas dan tak bersemangat pada saat setelah bangun tidur, ucapkan beberapa kata yang membuat diri Anda bersemangat. Kata-kata tersebut seperti "Aku bisa menjalani hari ini!", "Pagi ini cerah, maka saya harus lebih bersemangat", "Saya harus bisa mewujudkan keinginan saya","Berjuanglah atau Ganbatte" dan lain sebagainya. Tidak harus satu kalimat saja yang harus diulang dalam beberapa kali pada saat Anda tidak bersemangat, tapi bisa juga kalimat lainnya. Dengan demikian, Anda dapat merasakan perubahan dalam beberapa hari yang lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas.

(Dikutip dari berbagai sumber)