Ketika Anak Anda Diejek Jelek oleh Temannya

20 November 2014 Artikel Pendidikan


Biasanya anak-anak yang beranjak 2-3 tahun mulai bermain diluar bersama teman sebayanya. Pasti ada saja teman yang kurang begitu baik bagi anak Anda. Misalnya mengejek anak Anda dengan sebutan "si jelek".

Di usia seperti ini, si kecil mulai belajar tentang konsep diri. Biasanya di dalam rumah dibilang oleh ayah dan ibu nya dengan sebutan yang baik-baik, anak yang paling tampan, paling cantik, tapi mengapa teman-temannya memanggilnya dengan sebutan "jelek"? Berikut cara mengatasi jika anak Anda mengalami hal tersebut.

Hibur Si Kecil

Pastinya si kecil akan merasa kesal atau merasa rendah diri setelah diejek oleh temannya. Ajak dia ke suatu tempat. Hibur dia dengan berjalan-jalan di taman atau menonton acara televisi favorit si anak. Jika sudah reda, tanyakan siapa teman yang mengejek anak Anda dengan lembut. Besarkan hatinya dan bangun kepercayaan ia kembali.

Dampingi Anak

Ketika ingin berangkat sekolah, dampingi dia pada saat bertemu teman-teman yang mengejeknya. Maka dengan begitu teman-temannya tidak akan berani untuk mengejek anak Anda. Dengan kehadiran Anda, rasa percaya diri si anak akan kembali.

Berbicara Baik-Baik dengan Orang Tua Anak yang Mengejek

Lakukan cara ini dengan sikap dingin dan tenang serta tidak terpancing emosi karena anak Anda kerap diejek terus oleh temannya. Minta dengan baik-baik agar menegur anak mereka. Sebab, ejekan dari temannya ini akan membuat anak Anda akan terganggu perkembangan emosionalnya . Dengan cara yang baik, pasti orang tua anak yang mengejek pun pasti akan mengerti.

Jadi, jangan sampai ejekan dari teman membuat si kecil lantas malas untuk pergi ke sekolah, keluar kamar dan menjadi pemurung. Dampingi ia, dan besarkan hati anak Anda dan belajar caranya untuk menolak ejekan yang dilontarkan temannya. Dengan begitu, anak kian mengerti arti ejekan dan arti menghargai sesama teman.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)