Ketahui Penyebab Si Kecil Menangis di Malam Hari

5 September 2014 Artikel Pendidikan


Saat buah hati baru saja terlahir ke dunia, orang tua harus bersiap dengan waktu tidur yang terganggu karena tangisan si kecil. Entah karena ingin menyusui atau untuk mengganti popoknya yang mulai basah. Sebenarnya merupakan suatu yang normal pada bayi bangun di malam hari dan menangis. Alasan utama bayi menangis adalah karena dia lapar. Namun ada alasan lain mengapa mereka menangis. Temukan penyebab untuk meredakan tangisannya dan segera tidurkan kembali.

Nah berikut alasan kenapa si kecil menangis di malam hari:

Lapar
Bayi memiliki perut yang kecil. Mereka makan dan minum dalam porsi yang sedikit, tapi metabolisme pencernaannya sangat cepat, terutama pada bayi dengan makanan utamanya adalah susu dan ASI. Maka dari itu, bayi yang menyusui lebih mudah terbangun saat tengah malam, karena tubuh mereka mulai terasa lapar dan membutuhkan lebih banyak susu.

Minta dipeluk
Bayi suka dikelilingi oleh orang-orang yang dikenalnya terutama orangtuanya. Bayi akan merasa nyaman jika ada orangtuanya di sekitar mereka. Bayi mampu mengenali suara orangtua mereka, bahkan bisa mengenali baunya. Bayi menangis mungkin minta ditemani atau dipeluk. Jadi sering-seringlah memeluk bayi Anda.

Posisi tak nyaman
Bayi yang baru lahir tidak bisa menggerakkan tubuhnya sendiri untuk mengganti posisi. Cara mereka untuk mengutarakan bahwa posisi tidurnya sudah tak lagi nyaman, tentunya dengan menangis.

Sakit perut
Bayi sering mengalami sakit perut karena masuk angin, atau kualitas makanan yang dicernanya kurang baik.

Suhu yang terlalu dingin atau panas
Kulit bayi sangat sensitif dengan temperatur ruangan. Jika bayi merasa kepanasan atau kedinginan, otomatis mereka akan terbangun dan menangis.

Tumbuh gigi
Tumbuh gigi acap kali membuat gusi bayi terasa nyeri dan gatal.

Takut gelap
Bayi menangis karena kegelapan. Ketika bayi mulai merasa takut, menangis adalah cara untuk berkomunikasi, menandakan dia sedang dalam bahaya. Jangan pernah meninggalkan bayi di dalam ruangan sendiri. Cahaya lampu harus tetap menyala jika Anda mau meninggalkan bayi sendiri untuk sementara waktu.

Siklus tidur
Perlu Anda ketahui, bayi usia 0 hingga 1 tahun, memerlukan waktu tidur sebanyak 14 sampai 15 jam, terdiri dari delapan jam tidur malam, dan enam atau tujuh jam tidur siang. Nah, di antara waktu tersebut, bayi memberitahukan ibu bahwa mereka sudah terjaga dengan cara menangis.

Ketahui penyebab si kecil menangis akan membantu orang tua untuk mengatasinya.

Semoga bermanfaat!

Oleh: Ariyanti S
(Dikutip dari berbagai sumber)