Ketahui Manfaat Lebih Banyak Mendengarkan dan Sedikit Berbicara

24 Maret 2015 Artikel Pendidikan


Mungkin bagi sebagian Anda beranggapan bahwa orang yang mudah berbicara dengan orang lain dianggap ahli dalam berkomunikasi. Nyatanya, orang yang dianggap ahli dalam berkomunikasi berawal dari kemampuan mendengarkan orang lain.

Para pembicara dan pemimpin hebat yang berpengaruh, pada umumnya adalah orang-orang yang senantiasa membuka telinga mereka untuk mendengarkan berbagai macam hal. Para pekerja seperti pengusaha, manajer , karyawan dan bahkan penjual yang sukses adalah mereka yang lebih banyak mendengarkan klien atau pelanggannya. Mereka juga termasuk orang yang sedikit berbicara dan cepat bertindak.

Maka dari itulah kemampuan pendengar yang baik sangat dibutuhkan sekali di zaman sekarang. Pendengar yang baik juga dapat menciptakan keharmonisan dalam segala aspek kehidupan entah itu keluarga, lingkungan kerja dan lainnya.

Berikut merupakan manfaat dari sedikit berbicara dan banyak mendengarkan:

Dapat Memahami Orang Lain

Ada suatu keuntungan dalam mendengarkan orang lain. Mendengarkan orang lain yang menceritakan tentang dirinya secara tidak langsung Anda dapat menganalisis bagaimana cara berpikir orang tersebut meski tidak terlalu dalam. Dengan begitu otomatis Anda dapat memposisikan diri Anda dalam bertindak.

Membuat Anda Semakin Pandai dan Bijaksana

Dengan mendengarkan lebih banyak apa yang orang lain bicarakan entah itu mengenai topik dalam hal politik, trending topic hangat yang sedang dibicarakan di social media membuat wawasan Anda tentunya lebih luas. Pengetahuan yang sebelumnya Anda belum ketahui dapat Anda ketahui dari mendengarkan.

Lebih Mudah dalam Mengambil Keputusan

Mendengarkan bukan saja hanya mendapatkan informasi semata. Tetapi juga bisa mendengarkan pendapat. Dengan lebih banyak mendengarkan pendapat orang lain atau masukan yang ada, Anda akan lebih mudah dalam mengambil keputusan karena berdasarkan informasi yang Anda dapatkan dan bandingkan dengan pendapat kita sendiri.

Menjadi Sosok yang Penting bagi Orang Sekitar

Kemampuan mendengar yang Anda miliki mampu menarik perhatian untuk berkomunikasi dengan Anda. Orang sekitar akan beranggapan bahwa Anda adalah orang yang cukup pandai dan bijaksana dalam menanggapi apa yang sedang dibicarakan.

Mengurangi Kemarahan Seseorang

Tidak dapat disangkal lagi bahwa kemampuan mendengar adalah kunci utama dalam meredahkan amarah. Coba saja Anda bandingkan dengan orang yang banyak berbicara jika menghadapi orang yang sedang marah. Pastinya situasi akan semakin buruk. Untuk itulah dengan mendengar lebih banyak merupakan hal yang tepat dilakukan untuk meredamkan amarah.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)