Kenalkan Bahasa Asing kepada Anak Sejak Dini

13 Maret 2018 Artikel Pendidikan


Menguasai bahasa Inggris sebagai bahasa kedua bagi anak amat penting pada era globalisasi. Masalahnya, kapan waktu yang tepat memperkenalkan bahasa ini? Pendidikan merupakan kebutuhan setiap insan manusia dimuka bumi ini baik orang miskin maupun orang kaya, tua atau pun muda. Semua orang ingin mendapatkan pendidikan terbaik. Pendidikan merupakan bekal bagi setiap orang untuk meraih masa depan mereka masing-masing.

Di era globalisasi seperti sekarang ini pendidikan menjadi harga mutlak bagi semua orang. Para orang tua berlomba untuk memberikan pendidikan yang terbaik bagi anaknya semenjak dini. Baik melalui pendidikan formal maupun non formal.pertimbangannya adalah agar supaya anak mereka memiliki kemampuan untuk mengatasi tantangan di masa depan.

Kemampuan berbahasa seseorang didapat karena kebiasaan orang tersebut mendengar bahasa itu digunakan. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa pengenalan bahasa harus dilakukan semenjak usia dini untuk memperkaya bahasa. Seorang anak mampu menangkap berbagai bahasa dengan sangat baik. Bahasa Inggris adalah bahasa yang paling banyak diinginkan untuk dikuasai semua orang didunia ini selain bahasa ibunya sendiri. Maka dari itu sangat penting memperkenalkan bahasa Inggris kepada anak semenjak dini melalui berbagai program pendidikan keluarga seperti, mendengarkan musik berbahasa Inggris dengan anak, menonton program televisi berbahasa Inggris atau sesekali orangtua mengajak anaknya berbicara bahasa Inggris.

Hal ini cukup efektif untuk memperkenalkan bahasa Inggris dalam dunia anak dan akan membiasakan anak mengenal bahasa Inggris kemudian lebih dari itu kemampuan anak dalam berbahasa inggris akan semakin baik sesuai perkembangannya,maka anak akan lebih siap menghadapi setiap tantangan dimasa depannya.

Mengenalkan budaya asing sejak usia dini kerap menjadi kontroversi bagi sebagian masyarakat. Globalisasi dianggap mencederai sikap nasionalisme terhadap budaya dan berbangsa. Namun, pengenalan bahasa asing seperti bahasa Inggris sejak dini sangat bermanfaat bagi perkembangan mental anak.

Novita Tandry, M.Psi, psikolog pendidikan anak usia dini mengatakan, pengenalan bahasa asing termasuk dalam 4 stimulasi yang dibutuhkan anak usia dini, terutama usia 1 hingga 6 tahun.makin dini anak mengenal bahasa asing maka semakin mudah baginya untuk menerapkan bahasa asing sebagai bahasa sehari-hari selain bahasa Indonesia. Tentu dengan tidak mengesampingkan bahasa Indonesia, dan tetap mempelajarinya dari lingkungan. Kemampuan bahasa asing dapat membuat anak semakin percaya diri saat mereka besar nanti.Belajar lebih dari satu bahasa secara psikologis tidak masalah bagi perkembangan anak. Yang penting nanti orangtuanya konsisten, di rumah mengajarkan juga Bahasa Inggris.

Di negara-negara tetangga seperti Malaysia atau Singapura, anak-anak sudah terbiasa menggunakan empat bahasa sekaligus saat mereka berusia 3 atau 4 tahun. Tiga bahasa lain yang mereka gunakan didapat dari lingkungannya. Jadi,tidak ada salahnya mengajarkan bahasa asing sejak dini kepada anak.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)