Kembangkan Imajinasi Anak dengan Bermain Tebak-Tebakkan

13 Maret 2015 Artikel Pendidikan


Mungkin sebagian dari Anda pernah bermain tebak-tebakkan. Permainan melatih imajinasi tersebut nyatanya mampu mengusir rasa bosan sekaligus menambah pengetahuan. Nah, permainan ini patut juga dicoba untuk si kecil.

Pada umumnya anak paling senang menebak dan menerka-nerka apa yang sebenarnya terjadi dan jawaban yang benar. Hal tersebut juga mampu mengasah keterampilan berimajinasi si kecil dan mengungkapkan ide secara verbal.

Permainan ini juga mampu menambah perbendaharaan kata si anak. Dengan bermain tebak-tebakan ini, anak Anda sebetulnya sedang menguji otaknya. Ia mencoba membayangkan sebuah benda yang sudah dikenalnya, kemudian mengingat bagian-bagian serta sifat benda tersebut. Setelah benda itu jelas bentuk dalam benaknya, ia mencoba merangkai kalimat yang baik agar lawan bicaranya punya gambaran yang jelas tentang benda yang ia maksud.

Namun, hal tersebut memang tidak mudah bagi si kecil, akan tetapi jika terus-menerus dilakukan, Anda bisa melatih si kecil untuk mengenali berbagai hal dari mulai nama binatang, benda sekitar, nama buah dan lain sebagainya.

Berilah waktu anak untuk menjawab dan menerka-nerka sendiri. Terkadang bisa jadi membosankan, namun, Anda bisa melakukan hal tersebut dengan menggunakan media dan memanfaatkan teknologi yang ada seperti smartphone dengan aplikasi yang beragam.

Untuk mengapresiasi anak, berilah sedikit reward atas kerja kerasnya dalam menebak. Pastinya si kecil tak akan bosan-bosan untuk melakukan permainan tersebut. Yuk main tebak-tebakkan!

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)