Kegiatan Seru yang Cocok Buat Isi Liburan Anak

29 Juli 2014 Artikel Pendidikan


Liburan sekolah merupakan masa yang dinantikan anak-anak. Dalam mengisi waktu liburan anak-anak, tidak ada salahnya jika orangtua mengisinya dengan kegiatan kreatif. Untuk menghabiskan masa liburan panjang sekolah atau liburan akhir pekan, cobalah untuk menjalani ide-ide seru kegiatan bersama keluarga agar menjaga anak-anak tetap aktif dan ceria selama jeda sekolah.

Ini dia beberapa kegiatan yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Buat Tenda di Dalam Rumah
Tidak perlu menggunakan tenda yang mahal. Anda bisa cukup membuatnya dengan meletakkan dua kursi di sisi yang berlawanan. Setelah itu, Anda bisa mengambil sebuah selimut dan bentangkan di antara kedua kursi tersebut. Anak-anak pasti akan suka menghabiskan waktu di bawah selimut itu sambil bermain dengan mainan kesukaan mereka. Tenda ini pun bisa jadi tempat rahasia yang paling mereka sukai di rumah.

2. Menikmati Film Seperti di Bioskop
Pilih satu film keluarga yang bisa ditonton oleh semua anggota keluarga. Atur dan tata ruangan menonton televisi layaknya di sebuah bioskop. Siapkan juga camilan untuk menonton film seperti pop corn dan es krim.

3. Lomba Meniup Balon
Siapkan beberapa balon dan ajak anak berlomba untuk meniup balon paling banyak. Jika memungkinkan, ajak dan undang juga anak-anak tetangga untuk ikut bergabung bersama agar semakin ramai.

4. Menulis Sebuah Buku
Siapkan sebuah buku atau agenda yang unik. Lalu ajak anak Anda untuk menulis dan mengisinya dengan berbagai hal yang mereka suka, bisa tulisan, gambar, atau benda-benda unik yang bisa ditempel.

5. Berburu Harta Karun
Pilih beberapa mainan atau makanan sebagai harta karun, lalu sembunyikan di tempat tertentu. Setelah itu cobalah bikin peta atau petunjuk yang bisa diikuti oleh anak Anda untuk bisa menemukan harta karun tersebut. Kegiatan ini pasti seru dan semakin membuat anak Anda lebih mudah untuk berpikir kreatif.

6. Menggambar Foto Diri
Gambar yang dibuat oleh anak-anak adalah gambar yang bisa dibilang paling jujur. Coba ajak anak Anda untuk menggambar potret diri mereka dan juga potret seluruh anggota keluarga. Gambar ini bisa menjadi salah satu kenangan yang paling berharga dari kehidupan anak-anak Anda.

Selalu luangkan waktu bersama untuk menemani anak-anak berlibur. Dan jangan berhenti untuk menemukan inovasi untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan yang bisa membuat anak kreatif selama liburan. Jadi, mau seru-seruan saat liburan di rumah?

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)