Kebiasaan Ini Dapat Mengantarmu Menuju Sukses

31 Januari 2013 Artikel Pendidikan


Saat masih mengenyam pendidikan, kita harus selalu mengikuti petunjuk dan nasihat dari orang tua supaya tidak salah arah dalam mengisi lembaran hidup kita. Namun ketika sudah beranjak dewasa, kita pun harus memiliki sifat mandiri dan prinsip dalam menempuh hidup tanpa terlalu bergantung pada orang tua.

Sudah saatnya kita menemukan jati diri kita dengan membangun pribadi yang baik. Dalam membangun pribadi yang baik dimulai dari kebiasaan kita dalam menerima suatu pekerjaan, berkomunikasi dengan keluarga dan berinteraksi dengan orang lain. Dengan demikian maka pribadi ini bisa dikatakan berhasil atau sukses.

Setiap orang pasti menginginkan sukses dalam hidupnya. Namun demi mendapatkan enam kata tersebut terkadang orang mengambil jalan pintas yang dapat merugikan dirinya sendiri pada akhirnya.

Bagaimana cara mendapatkan kesuksesan itu? Berikut adalah sifat-sifat yang harus dipenuhi untuk mencapai kesuksesan:

1. Tentukan Tujuan Hidup

Setiap orang pasti memiliki tujuan hidup. Tentukan tujuan-tujuan hidup mulai dari tujuan jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek.

2. Mempersiapkan Rencana yang Matang

Untuk menempuh tujuan, harus memiliki prosesnya. Proses membutuhkan rencana. Buatlah kerangka tujuan-tujuan dalam program-program kerja dan jangka waktu tertentu (timing) yang bisa dijalankan.

3. Berusaha Mencapai Keunggulan

Usaha yang keras untuk meraih prestasi dalam hidup terdiri dari tiga bidang utama yaitu konsisten meningkatkan kualitas percaya diri dan hubungan kepada Tuhan, konsisten meningkatkan kualitas profesionalisme, spesialisasi, produksi, kapabilitas dan efektifitas dalam kerja dan profesi serta konsisten dalam meningkatkan kualitas hubungan-hubungan positif dengan orang lain.

4. Mengatur Waktu

Memanfaatkan waktu yang ada dan menggunakannya sebaik-baiknya untuk mengembangkan keahlian-keahlian dan potensi kita agar tercapai tujuan-tujuan penting yang kita cita-citakan.

5. Menyusun Prioritas

Menentukan mana yang harus dilakukan pertama, kedua dan seterusnya. Mana yang terpenting kemudian yang penting dari tujuan-tujuan, tugas-tugas dan kewajiban-kewajiban dalam hidup ini.

6. Konsentrasi

Memberikan perhatian terhadap tugas dan tanggung jawab atau kerja yang ada dihadapan dan langsung mengerjakannya tanpa menunggu-nunggu lagi. Sebagaimana juga memfokuskan perhatian dalam spesialisasi, bidang atau keahlian yang diyakini bisa berprestasi dan kreatif dalam bidang tersebut.

7.Keahlian Berkomunikasi

Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif dengan orang lain. Bertujuan untuk memberikan pengaruh yang positif dalam hidup mereka dan supaya bisa hidup bersama mereka dalam suasana saling menghargai.

8. Berpikir Positif

Melihat manusia dan peristiwa dalam semua hal dari sisi positif. Juga berpikir dengan cara yang didominasi unsur positif, prasangka baik, optimis dan melupakan sisi-sisi yang jelek.

9. Berjuang Melawan Diri Sendiri

Usaha yang terus-menerus untuk mengalahkan ego, menundukkan nafsu, mengarahkannya dan membiasakannya menghadapi tanggung-jawab dan resiko-resikonya serta sabar dan teguh dalam prinsip-prinsip, nilai-nilai dan beberapa kewajiban agar tercapai kehidupan mulia yang diinginkan.

10. Seimbang dalam bertindak

Berpikir dan bertindak dengan cara yang seimbang dalam hidup kita. Jangan sampai satu sisi lebih dominan dari sisi-sisi yang lain.

(Dikutip dari berbagai sumber)