Kapan Seharusnya Mengenalkan Gadget ke Anak?

9 Desember 2014 Artikel Pendidikan


Gadget merupakan alat yang tidak pernah lepas dalam kehidupan sehari-hari di era modern seperti sekarang ini. Tak jarang orang tua modern saat ini memberikan gadget kepada anaknya sebagai mainan. Anak-anak jaman sekarang umumnya sudah tidak asing lagi dalam penggunaan gadget. Jika tidak tepat, anak yang belum waktunya mengenal gadget dan penggunaan berbagai fiturnya akan menjadi hal yang negatif dan dapat mempengaruhi perkembangan serta psikologis si anak.

Sebagai orang tua, dalam menyikapi perkembangan teknologi termasuk juga gadget, ada baiknya mengetahui waktu yang tepat dalam pemberian gadget pada buah hati. Dalam pemberian gadget dapat disesuaikan dengan perkembangan usia anak anda, pada usia 5 tahun anda dapat memperkenalkan warna, bentuk dan juga suara.Tentu saja pada usia ini juga anda harus mampu membatasinya pemakaian gadget sehingga fungsinya tetap dapat membantu anda untuk mengedukasi anak anda.

Mungkin Anda juga memikirkan kapan waktu yang tepat untuk memberikan gadget mereka sendiri, karena salah-salah sedikit, akan menjadi hal yang negatif bagi perkembangan anak. Tentunya memberikan gadget kepada anak harus mempertimbangkan usianya.

Penelitian yang dilansir dalam situs cashinyourgadgets.co.uk menunjukan 13% orang tua memberikan gadget pada anak berusia 10 tahun sedangkan persentase terbanyak yaitu pada usia 13 tahun ke atas sekitar 45%. Orang tua seharusnya tidak terlalu terburu-buru dalam pengenalan gadget kepada si anak.

Anak yang telah diperkenalkan gadget, dianjurkan untuk memiliki batasan waktu dalam penggunaannya. Buatlah aturan dan batasan waktu penggunaan dan jam bermain si anak. Kenalkan fitur -fitur yang lebih edukatif dan berguna bagi si anak. Jika anak gemar bermain games, amati juga games apa yang sedang ia mainkan. Karena tidak jarang games yang mengandung kekerasan dan tidak mendidik sama sekali. Tak lupa, jelaskan juga akan bahaya dari gadget dan penggunaannya.

Nah, jadi kesimpulannya memperkenalkan gadget sah sah saja asalkan sesuai umur si kecil dan tak luput untuk membimbing si anak dalam penggunaan gadget. Kalau bisa tidak saja mengenalkan teknologi ke anak, kenalkan juga si anak ke dunia luar. Ajak ia agar lebih sering bermain diluar bersama temannya, sibukkan dengan kegiatan bermanfaat lainnya dan bangun sifat sosialnya dengan bergaul bersama teman sebayanya.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)