Jenis Mainan yang Bisa Melatih Konsentrasi Anak

30 September 2014 Artikel Pendidikan


Konsentrasi belajar adalah bagaimana fokus dalam mengerjakan atau melakukan sesuatu, hingga pekerjaan itu dikerjakan dalam waktu tertentu. Pada beberapa anak bisa mengalami kesulitan, kesusahan dan gangguan dalam hal konsentrasi yang ia berikan. Banyak pula orangtua yang juga mengeluh dan bingung dalam meningkatkan dan mengatasi anak yang sulit berkonsentrasi. Sulit berkonsentrasi, terlebih dahulu harus dilihat apa penyebab anak sulit berkonsentrasi?

Bermain adalah proses belajar yang sangat penting bagi anak-anak. Sebelum masuk sekolah dasar, hari-hari anak lebih banyak dihabiskan untuk bermain. Pilihlah mainan anak yang cocok dengan tahap perkembangannya, supaya proses belajar tersebut menjadi maksimal. Ketika memilihkan mainan anak, pikirkan kemampuan apa yang dirangsang oleh mainan tersebut. Mainan anak apa yang baik untuk melatih konsentrasinya? Jenis-jenis permainan ini mungkin terlihat sederhana namun memberikan manfaat besar bagi anak.

Berikut beberapa jenis mainan melatih konsentrasi anak yang perlu diketahui:

1.Bola

Tidak hanya melatih motoriknya, bermain bola pun bisa melatih konsentrasinya. Melihat ke mana arah bola bergerak dan harus berusaha menangkap bola.

2.Boneka
Anak-anak senang sekali mengganggap boneka sebagai manusia nyata. Baik itu boneka berbentuk manusia, binatang ataupun action figur. Ketika anak bermain bersama bonekanya secara otomatis mereka melatih daya imajinasinya.

3.Balok
Permainan balok bisa dimainkan oleh anak berbagai usia. Bagi anak usia preschool, permainan balok bisa melatih motoriknya. Seiring berjalannya waktu, balok bisa melatih imajinasi dan konsetrasinya. Anak bisa membuat bangunan, benda apapun sesuai imajinasinya menggunakan balok.

4.Instrumen musik
Sebagian besar anak menyukai musik. Kali ini ajarkan anak tidak hanya mendengarkan tetapi membuat musik sendiri. Anda bisa membelikan instrumen musik favoritnya, apakah itu gitar, drum atau lainnya. Biarkan anak mengeksplor keahliannya dalam bermusik dan melatih konsentrasi tubuh dengan otaknya.

5.Peralatan kebersihan atau berkebun
Anak senang sekali meniru orang dewasa. Anda bisa membelikannya mainan peralatan kebersihan atau berkebun. Biarkan anak meniru apa yang Anda kerjakan, baik itu membersihkan rumah ataupun berkebun.

6.Kotak pasir
Biarkan anak bermain dengan kotak pasirnya. Permainan ini bisa melatih daya imajinasi dan konsentrasinya. Anak bisa membuat aliran sungai, kastil pasir, dan lainnya.

Jangan paksakan anak untuk melakukan kegiatan yang dia tidak sukai, pilihlah salah satu agar anak tidak merasa terbebani.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)