Jangan Sembarang Pilih Sekolah untuk Anak!

5 Februari 2013 Artikel Pendidikan


Semua orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya .Dari ujung kepala aksesoris anak hingga ujung kaki diperhatikan dengan memilih pilihan sesuatu yang baik bagi anaknya. Begitu pula dengan pendidikannya. Setiap orangtua tentu tak ingin sembarangan mencari sekolah untuk anak mereka. Untuk itu, orang tua sebaiknya tidak memilih sekolah yang asal-asalan. Mengapa? Karena pendidikan dasar merupakan investasi jangka panjang bagi masa depan anak-anak kita.

Terkadang biaya yang mahal rela ditanggung demi meraih pendidikan yang berkualitas. Namun sebelum memilih sekolah yang berkualitas, harus dipikirkan lebih matang dengan mempertimbangkan sekolah yang nantinya menjadi tempat belajar untuk si anak.

Apakah pertimbangan tersebut ? Ada beberapa pertimbangan yang harus di lakukan dalam memilih sekolah:

1. Pertimbangkan sekolah bagus dengan tenaga pengajar yang bagus juga. Guru adalah ujung tombak yang menentukan anak akan belajar dan bermain dengan menyenangkan atau tidak.

2. Perhitungkan jarak sekolah dari rumah. Jangan sampai terlalu jauh sehingga anak lelah di jalan dan tidak semangat belajar.

3. Pengenalan akan karakter dan kebutuhan juga membantu mengenali durasi bersekolah dan komposisi durasi pengajaran di sekolah, misalnya dengan menentukan sekolah yang mempunyai durasi yang lebih banyak waktu bermain atau belajar.

4. Pikirkan secara matang kemampuan keuangan untuk membayar segala biaya yang dibutuhkan, baik uang pangkal maupun uang bulanan ke depannya. Pastikan kita memiliki sumber-sumber dana yang cukup untuk konsisten membayar ke depannya.

5. Kenali karakter anak dan kebutuhannya untuk menentukan sekolah yang sesuai dengan anak. Seperti contoh, anak yang suka bergerak cocok disekolahkan di sekolah alam atau sekolah yang memiliki tempat yang terbuka.

6. Perhatikan kondisi sekolah dan lingkungan di sekitarnya, termasuk kelengkapan sarana dan prasarana di sekolah. Pertimbangkan apakah cukup mendukung untuk kegiatan belajar dengan sarana dan prasarana yang disediakan.

7. Lihat visi misi sekolah tersebut. Visi misi sekolah akan menentukan kurikulum yang digunakan. Sesuaikah visi misi sekolah tersebut dengan pandangan pendidikan di keluarga dan harapan orangtua?

Di masa sekarang, pertimbangannya sebenarnya bukan lagi sekadar biaya mahal menentukan kualitas pendidikan. Orangtua harus cerdas melihat seberapa besar dampak yang bisa diberikan sekolah bagi pertumbuhan kecerdasan kognitif dan emosional anak dengan seimbang.

Jika cara pertimbangan sudah dilakukan, kita harus memiliki satu poin penting yang harus dipikirkan yaitu keterlibatan anak dalam memilih. Sesuaikanlah pilihan sekolah dengan minat dan bakat si anak. Apabila pilihan tidak sesuai dengan minat anak, anak akan malas belajar sehingga sia-sialah biaya yang dikeluarkan.

(Dikutip dari berbagai sumber)