Jangan Lakukan Hal Ini Jika Mengajak Anak Liburan dengan Mobil

27 Desember 2014 Artikel Pendidikan


Menjelang akhir tahun merupakaan saat yang ditunggu oleh banyak orang. Karena biasanya di penghujung tahun, liburan telah menanti. Anda tentunya ingin pergi berlibur bersama keluarga tercinta.

Jika Anda memutuskan untuk bepergian menggunakan mobil dengan keluarga. Dan kebetulan Anda mempunyai anak kecil sebaiknya Anda memperhatikan hal berikut ini supaya liburan berjalan lancar. Hindari kesalahan-kesalahan berikut agar liburan tidak berantakan. Apa sajakah itu ?

Tidak Tepat Waktu

Seperti yang dikutip dari She Knows, banyak orangtua yang sudah membuat rencana liburan dengan matang tapi ketika libur tiba tidak berjalan sesuai jadwal yang telah diatur. Tidak tepat waktu akan membuat rencana liburan berantakan. Selain itu, jika tak tepat waktu juga bisa membuat Anda terjebak dalam kondisi yang membosankan seperti macet. Hal ini tentu membuat liburan bersama anak kurang menyenangkan.

Solusi: agar tidak terlambat, sebaiknya pasang alarm dua jam sebelum berangkat. Tidak lupa sudah packing sejak malam terutama ketika Anda harus menyiapkan anak yang masih balita. Hindari marah-marah atau mengomel jika anak rewel sebelum berangkat supaya rencana liburan berjalan sesuai harapan.

Tidak Membawa Mainan untuk Anak

Liburan menjadi tidak menyenangkan ketika Anda harus mengurus anak yang rewel. Anak menjadi rewel tentu ada penyebabnya, entah kepanasan, tidak betah, atau mabuk darat. Ini kesalahan yang perlu Anda hindari.

Solusi: sebelum berangkat sebaiknya siapkan tiga kantong untuk anak yang mencakup semuanya, termasuk pakaian ganti, mainan, buku, serta sampah. Tidak lupa membawa kantong plastik serta obat mabuk darat bila si kecil tiba-tiba mabuk darat.

Lupa Membawa Tisu dan Bantal

Terkadang saking repotnya, Anda lupa membawa hal-hal sepele seperti tisu atau bantal. Ketika anak usai memakan camilan mereka di jalanan Anda akan sulit membersihkannya karena lupa membawa tisu. Lupa membawa bantal juga bisa membuat anak rewel karena terlalu lama di jalan.

Solusi: buat anak merasa nyaman dengan menyediakan pembersih tangan serta bantal. Bantal bisa membuatnya tertidur selama perjalanan sehingga tidak rewel karena terlalu lama. Tidak lupa menyediakan selimut dalam mobil jika anak kedinginan saat pulang dari liburan.

Tidak Tahu Jalan Menuju Lokasi

Beberapa orangtua kurang persiapan mengenai lokasi tujuan. Mungkin beberapa dari mereka belum pernah ke tempat tersebut dan hanya tahu dari teman. Hindari berpikir bahwa ini hal sepele yang bisa Anda atasi ketika sudah di perjalanan. Jika Anda dan keluarga tersesat tentu akan membuang-buang waktu dan membuat liburan kurang menyenangkan.

Solusi: sebelum berangkat sebaiknya sudah tahu jalan yang akan dituju. Cari tahu dari teman terdekat atau internet. Selain menghindari risiko tersasar, Anda juga bisa lebih cepat sampai tujuan.

Tidak Istirahat di Jalan Walau Perjalanan Cukup Jauh

Mungkin Anda berpikir ingin cepat sampai tujuan makanya tidak beristirahat sejenak di rest area walaupun perjalan cukup jauh. Saat membawa anak liburan sebaiknya hindari hal ini walaupun Anda sudah persiapan makanan serta kenyamanan di mobil untuk buah hati tercinta.

Solusi: perjalanan panjang dengan mobil dapat membuat anak merasa lelah maka ia perlu istirahat. Untuk itu, Anda harus istirahat sejenak di rest area. Selain agar anak tidak mudah rewel, waktu istirahat itu bisa Anda gunakan untuk merilekskan badan setelah melakukan perjalanan panjang.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)